Prestasi SMP Ar Rafi' Drajat

  • Mengenal Badai Matahari dan Dampak Bagi Bumi

            Mengenal Badai Matahari dan Dampak Bagi Bumi

    Shafa Zahirah Fayza kelas 9 angkatan 1



         Matahari adalah sumber dari energi di seluruh bumi dan planet lainnya di galaksi ini. Matahari adalah bola panas yang ditopang gaya gravitasi yang sangat besar.  Matahari menghasilkan energi nya melalui reaksi nuklir yang terjadi di pusat nya. Selain membawa keuntungan bagi umat manusia, matahari juga dapat memberi kita kerugian yang sangat besar. Misalnya dengan terjadi nya badai matahari. 


        


    Badai matahari adalah kejadian di saat aktivitas matahari berhubungan dengan medan magnet yang ada di bumi. Badai ini berkaitan dengan terjadinya solar flare dan CME. Apa itu solar flare? solar flare ini adalah ledakan di matahari yang disebabkan suatu kumparan medan magnetnya matahari. Ledakan ini mengakibatkan lepasnya partikel berenergi tinggi dan radiasi elektromagnetik.


    Partikel berenergi tinggi ini dapat sampai ke bumi dengan waktu 1 hingga 2 hari, sedangkan radiasi nya hanya membutuhkan waktu 8 menit saja. Sedangkan CME adalah pelepasan korona yang teramati sebagai letupan yang disemburkan dari permukaan matahari. Material ini terlontarkan dengan kecepatan yang sangat tinggi, dan diperlukan waktu 1 sampai 3 hari untuk sampai ke bumi. 


        Matahari memiliki waktu keaktifan sampai 11 tahun. Saat masa keaktifan matahari mencapai pada maksimumnya, angin matahari menjadi lebih kencang dan memungkinkan untuk terjadinya solar flare dan CME. Partikel yang dipancarkan dari hasil solar flare dan cme ini saat mencapai ke bumi akan diarahkan ke medan magnetik di bumi. Saat partikel partikel ini terbentur dengan atmosfer  bumi menyebabkan partikel udara terionisasi. Selain itu, peristiwa ini dapat menghasilkan tirai tirai cahaya warna warni yang sering disebut dengan nama aurora. 



    Allah SWT berfirman :

        

    اللَّهُ الَّذِى رَفَعَ السَّمٰوٰتِ بِغَيْرِ عَمَدٍ تَرَوْنَهَا ۖ ثُمَّ اسْتَوَىٰ عَلَى الْعَرْشِ ۖ وَسَخَّرَ الشَّمْسَ وَالْقَمَرَ ۖ كُلٌّ يَجْرِى لِأَجَلٍ مُّسَمًّى ۚ يُدَبِّرُ الْأَمْرَ يُفَصِّلُ الْاٰيٰتِ لَعَلَّكُم بِلِقَآءِ رَبِّكُمْ تُوقِنُونَ


    Allah-lah Yang meninggikan langit tanpa tiang (sebagaimana) yang kamu lihat, kemudian Dia bersemayam di atas 'Arasy, dan menundukkan matahari dan bulan. Masing-masing beredar hingga waktu yang ditentukan. Allah mengatur urusan (makhluk-Nya), menjelaskan tanda-tanda (kebesaran-Nya), supaya kamu meyakini pertemuan(mu) dengan Tuhanmu. (Q.S Surah Ar-Ra’du /13 :2).


    Dari ayat di atas menyebutkan bahwa kita sebagai umat manusia wajib meyakini akan kebesaran Allah SWT yang Maha Dasyat. Oleh karena itu, semoga dengan sedikit penjelasan kami ini, bisa bermanfaat dan terus termotivasi serta semakin meningkat keimanan untuk senantiasa senantiasa bersyukur, beribadah dan menebarkan kebaikan.***Shafa Zahirah Fayza kelas 9 angkatan 1

      


  • 0 comments:

    Posting Komentar