Prestasi SMP Ar Rafi' Drajat

  • Fakta Menarik Tentang Jeruk

    Fakta Menarik Tentang Jeruk

    Oleh Rafif Fadhlan Istikmal

    Jeruk atau Citrus adalah buah yang sangat populer di Indonesia, bahkan menjadi banyak favorit orang. Dibalik rasa manis dan asam jeruk ternyata menyimpan segudang manfaat yang tidak dikira. Citrus juga memiliki warna orange yang membuat buah ini terlihat menarik. Buah yang berasa manis ini juga memiliki budidaya yang tidak mudah, perawatan, kelembaban, serta kemiringan tanah harus sesuai dengan penanaman agar tumbuh dengan lebat. Jeruk yang dikira hanya memiliki rasa manis ini juga memiliki banyak vitamin seperti vitamin A dan vitamin C.

    Buah yang berwarna orange ini memiliki kandungan yang tidak kalah menarik dari warnanya, berikut ini manfaatnya:


    Kalori 47

    Air 87%

    Protein 0,9 gram

    Karbohidrat 11,8 gram

    Gula 9,4 gram 

    Serat 2,4 gram

    Lemak 0,1 gram

    Selain itu, kandungan dari jeruk memiliki banyak manfaat. Manfaat jeruk antara lain yaitu untuk menjaga kesehatan jantung, menghindari anemia, dapat menjaga kesehatan mata, dan mengatur tekanan darah tinggi. Dibalik manfaat serta kandungan dari jeruk, ternyata mempunyai tempat budidaya khusus yang dikelola oleh perusahaan-perusahaan ternama. 

    kandungan, manfaat untuk tubuh, dimana tumbuh jeruk paling banyak dimana untuk mendapatkan hasil yang terbaik sebuah jeruk harus ditanam dengan kemiringan 30 derajat. Bukan hanya harus ditanam pada kemiringan khusus ternyata penanaman jeruk ini dapat ditanam di 50m hingga 600m.

    Citrus atau jeruk jika dikonsumsi dapat memberikan manfaat bagi tubuh kita, ternyata jeruk juga dapat memberikan dapat dampak buruk bagi tubuh kita jika dikonsumsi berlebihan. Di samping warnanya yang menarik, ternyata dampak yang ditimbulkan juga menarik bahaya bagi tubuh kita. Mengutip dari IDNTimes Konsumsi jeruk secara berlebihan dapat menyebabkan Overdose kepada tubuh kita dikarenakan serat yang terlalu banyak, pencernaan kita dapat terganggu sehingga menyebabkan diare maupun nyeri pada perut. Jeruk juga dapat meningkatkan berat badan jika vitamin C dikonsumsi secara berlebihan, kandungan vitamin C dapat menambah kemungkinan obesitas pada tubuh kita. Kenaikkan kadar gula darah juga dapat dapat disebabkan oleh jeruk yang dikonsumsi berlebihan, oleh karena itu mengapa masih banyak orang yang mengonsumsi jeruk secara berlebihan bahkan dengan jus yang masih diberikan gula tambahan? Bahaya kadar gula darah yang tinggi serta kemungkinan obesitas sudah menunggu didepan mata jika kita mengkonsumsi Citrus secara berlebihan.


    Jeruk dapat bermanfaat bagi tubuh tetapi disisi lain akan berbahaya jika kita konsumsi secara berlebihan, maka dari itu ayo kita bijak dalam memakan serta memilah apa yang kita makan. Jeruk memiliki rasa yang manis dan asam ini memiliki faedah yang baik bagi tubuh. Mari kita bersama-sama menjadikan Indonesia sebagai negara yang menghasilkan buah-buahan yang berkualitas dengan masyarakat yang bijak dalam mengonsumsi. Di dalam badan yang sehat terdapat tubuh yang kuat, didalam tubuh yang kuat terdapat pemikiran yang sehat, sudah seharusnya kita bisa mengatur diri kita untuk memakan buah-buahan yang bermanfaat bagi tubuh tetapi tidak secara berlebihan. 


    Referensi: 

    https://www.idntimes.com/health/fitness/fajrina-annisa-putri/efek-samping-makan-jeruk-berlebihan-c1c2-1?page=all


  • 0 comments:

    Posting Komentar