Prestasi

Pencapaian prestasi pesserta didik SMP Ar Rafi' Drajat.

  • Mukjizat Al-Qur’an Tentang Rahasia Gunung

     

    Mukjizat Al-Qur’an Tentang Rahasia Gunung

     


    Mukjizat Al-Qur’an Tentang Rahasia Gunung

     

    Gunung yang merupakan bagian dari permukaan bumi yang menjulang lebih tinggi dibandingkan dengan daerah sekitarnya. Sebagian besar manusia di dunia pasti pernah dimanjakan pemandangan yang luar biasa ketika menatap gunung sejauh mata memandang. Tidak heran apabila saat ini, gunung menjadi daya tarik favorit bagi wisatawan di dunia. Tapi taukah sahabat, kalau gunung merupakan pondasi penguat permukaan bumi? 

    Nah, para ahli Geologi telah lama meneliti fungsi gunung sebagai pondasi penguat permukaan bumi.  Adalah Profesor Emeritus Frank Press dari Washington, Amerika Serikat (AS), salah seorang Geolog yang mengkaji tentang gunung sebagai sebagai pasak bumi.

    Penasihat bidang ilmu pengetahuan di era kepemimpinan Presiden AS Jimmy Carter itu sempat menulis buku berjudul "The mountains, like pegs, have deep roots embedded in the ground.” Lewat buku "Gunung, seperti pasak, berakar di dalam tanah" itu, Press mengungkapkan apabila gunung dibelah berbentuk irisan maka akan terlihat akar atau alur bersama lava yang mengikat kuat di dasar tanah. Ia juga mengungkapkan fungsi gunung yang memainkan peran penting dalam menstabilkan kerak bumi.(Republika.com)

    Hasil penelitian ilmiah itu sebenarnya sudah tercantum jelas dalam ayat suci Al-Qur’an, sejak 1400 tahun yang lalu. Penemuan Press itu membuktikan bahwa Al-Quran adalah mukjizat dan firman Allah SWT. Subhanallah sekali ya sahabat. 

    Supaya semakin bertambah iman kita, coba kita mulai baca ayat Al-Qur’an berikut:

    "Dan telah Kami jadikan di Bumi ini gunung-gunung yang kokoh supaya bumi itu (tidak) goncang bersama mereka dan telah Kami jadikan (pula) di Bumi itu jalan-jalan yang luas, agar mereka mendapat petunjuk," Surah Al-Anbiya Ayat 31.

    Dalam ayat lainnya, Allah berfirman, "Bukankah Kami telah menjadikan Bumi itu sebagai hamparan? dan gunung-gunung sebagai pasak?," Surah An-Naba’ Ayat 6-7.

    "Dan Dia menancapkan gunung-gunung di Bumi supaya Bumi itu tidak goncang bersama kamu, (dan Dia menciptakan) sungai-sungai dan jalan-jalan agar kamu mendapat petunjuk," Surah An-Nahl Ayat 15.

    Pertanyaannya, mengapa gunung diistilahkan sebagai pasak? 

    Nah, menurut Prof Press, sebenarnya, kerak bumi mengapung di atas cairan. Lapisan terluar bumi membentang 5 km dari permukaan. Kedalaman lapisan gunung menghujam sejauh yang 35 km. Dengan demikian, pegunungan adalah semacam pasak yang didorong ke dalam bumi..(Republika.com)

    "Jadi gunung inilah yang berfungsi sebagai pasak untuk menstabilkan kerak bumi," ungkap  Prof Press.Hal senada juga diungkapkan Profesor Siaveda,  ahli geologi dari Jepang. Menurut Siaveda, ketika lempengan bumi saling bertumbukkan, maka lempengan yang lebih kuat menyelip di bawah lempengan yang satunya. Sementara yang di atas melipat dan membentuk dataran tinggi dan gunung. Inilah yang mengikat kuat di dasar permukaan bumi.(Republika.com)

    Dari pernyataan di atas dapat disimpulkan bahwa rahasia gunung terdapat di dalam Al-Qur’an. Semua firman Al-Qur’an merupakan mukjizat yang bersifat universal dan abadi yakni berlaku untuk semua umat manusia sampai akhir zaman. Karena itu, al-Qur’an adalah  mukjizat terbesar dari semua mukjizat-mukjizat yang diberikan Allah SWT kepada para Nabi sebelumnya dan kepada Nabi Muhammad SAW sendiri.*** 


    Sekolah Ar Rafi’ Drajat telah membuka pendaftaran PPDB Gelombang 2 untuk tahun ajaran baru 2020-2021 sejak bulan September lalu. Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi www.arrafidrajat.sch.id atau ikutimedia sosial FB, IG @smparrafidrajat.



  • 0 comments:

    Posting Komentar

    Guru dan Staff