Prestasi SMP Ar Rafi' Drajat

  • Kenali Dampak Membuang Sampah di Sungai ( Solusi JITU, Call 0878-5241-4312, SMP Swasta Islam Terbak di Bandung SMP Ar Rafi' Drajat)

                                          Kenali Dampak Membuang Sampah di Sungai

    Oleh Daffa Almer Rusmana (Kelas 8 Ustman)




    Manusia tergolong kedalam makhluk yang produktif dan konsumtif, artinya manusia dapat memproduksi serta mengkonsumsi berbagai jenis hal. Baik dalam hal makanan, kebutuhan sehari-hari, sampai hanya untuk sekedar hobi. Semua kegiatan produksi dan konsumsi pastinya meninggalkan bekas yaitu sampah. Sampah ini berdampak besar dalam kehidupan manusia.

    Pemerintah sendiri sudah membuat aturan tentang masalah pembuangan sampah di sembarang tempat apalagi pada aliran sungai karena dapat menyumbat jalannya air sungai serta telah menetapkan sanksi bagi para pelakunya. Namun di lain pihak, masyarakat tetap saja acuh terhadap peraturan tersebut dan masih mengotori lingkungan sekitar. Kebiasaan membuang sampah sembarang ini bisa ditemukan dimana saja, misalnya di angkutan umum, di sekolah, di sungai, dan bahkan di jalan raya.

    Membuang sampah sembarangan tentu saja membawa dampak yang besar pada lingkungan maupun pada masyarakat sendiri. Menurut Rahmat Fajar Lubis, peneliti pusat penelitian Geoteknologi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia menyatakan bahwa sampah yang dibuang sembarangan ke sungai, akan membuat sungai tersumbat dan menyebabkan banjir ketika musim hujan tiba apalagi jika curah hujannya tinggi. Selain itu, sampah yang berserakan dimana mana akan menjadi sarang penyakit yang bisa mengganggu kesehatan para masyarakat itu sendiri.

    Kita sebagai manusia yang memiliki derajat paling tinggi diantara makhluk hidup yang lain seharusnya memiliki kesadaran dan tanggung jawab dari diri sendiri terhadap lingkungan kita. Kita tidak boleh membuang sampah sembarangan karena hal itu akan membawa dampak negatif bagi diri sendiri dan orang lain. Dengan lingkungan yang bersih, maka hidup kita juga tentu akan terasa lebih nyaman. Bumi ini adalah tempat tinggal kita,kita harus menjaganya sebaik mungkin agar anak dan cucu kita juga bisa menikmati keindahan bumi.

                Sebaiknya kita membuang sampah pada tempatnya agar  Indonesia terlihat bersih. pemerintah sudah membuat aturan tentang masalah pembuangan sampah sembarangan. tetapi masyarakat banyak yang melanggar/membuang sampah sembarang karena sudah menjadi kebiasaan masyarakat yang bisa menyebabkan dampak yang besar pada lingkungan maupun pada masyarakat sendiri. Kita sebagai manusia yang memiliki derajat paling tinggi diantara makhluk hidup yang lain seharusnya memiliki kesadaran dan tanggung jawab dari diri sendiri terhadap lingkungan kita. Kita tidak boleh membuang sampah sembarangan karena hal itu akan membawa dampak negatif bagi diri sendiri dan orang lain. Dengan lingkungan yang bersih, maka hidup kita juga tentu akan terasa lebih nyaman. *** Daffa Almer Rusmana


  • 0 comments:

    Posting Komentar