Prestasi

Pencapaian prestasi pesserta didik SMP Ar Rafi' Drajat.

  • Taukah kamu Hewan Langka di Indonesia?

    Tahukah kamu Hewan Langka di Indonesia?



       Taukah kamu hewan langka di Indonesia?

    Di dunia ini kita tidak hidup sendirian, ada banyak makhluk yang menemani kita saat ini. Contohnya adalah hewan, tumbuhan dan lain-lain. Tetapi spesies mereka saat ini terbatas atau yang bisa juga dibilang hampir punah. Salah satu makhluk yang spesiesnya hampir punah adalah hewan. Sekitar 30 spesies hewan langka yang ada di zona kritis. Berikut beberapa contoh hewan yang sekarang krisis kepunahannya


      Pertama adalah Orangutan Sumatera dan Kalimantan. Orangutan ini dikabarkan oleh IUCN, bahwa selama 75 tahun terakhir mengalami penurunan sebanyak 80%. Dalam kurun waktu 1998 dan 1999 dilaporkan sekitar 1000 ekor orangutan yang hilang. Karena sering diburu oleh manusia untuk kepentingannya masing-masing. Dan manusia tersebut tidak peduli pada jumlah orangutan yang ada saat ini sudah mulai langka.


      Kedua adalah harimau sumatera. Sebenarnya harimau ini tak terhingga jumlahnya dan tak terhitung tapi tidak dengan harimau sumatera ini. Kini jumlah harimau sumatera tak lebih dari 300 ekor. Satwa ini termasuk kedalam daftar hewan langka yang sangat terancam punah (critically endangered). Semakin sempit luas habitat hewan ini karena aktivitas pembukaan lahan, membuat harimau Sumatera semakin punah.


      Ketiga adalah macan tutul Jawa. Harimau Jawa yang tak jauh bentuknya dan spesiesnya masih sejenis dari macan tutul Jawa sudah lama punah. Kini yang tersisa hanyalah macan tutul jawa. Macan Tutul Jawa yang telah dikategorikan dalam status konservasi “Critically Endangered” mempunyai dua jenis variasi, yaitu Macan Tutul berwarna terang dan Macan Tutul berwarna gelap/hitam yang biasa disebut dengan Macan Kumbang. Menurut laporan dari IUCN, jumlah Macan Tutul Jawa yang masih hidup tak lebih dari 300 ekor.


      Keempat adalah kura-kura paruh betet. Nama latin hewan ini adalah Leucocephalon yuwonoi. Kura-kura ini berasal dari kota Sulawesi. Pemberian julukan nama tersebut dikarenakan bentuk mulutnya yang unik seperti burung betet. Kura-kura Betet termasuk 7 reptil yang paling langka di Indonesia. Bahkan termasuk dalam daftar The World’s 25 Most Endangered Tortoises and Freshwater Turtles-2011 yang dikeluarkan oleh Turtle Conservation Coalition.


      Selain keempat hewan yang kita bahas ini, ternyata masih banyak sekali hewan yang hampir punah di Indonesia. Kita sebagai makhluk yang mempunyai akal dan bertugas sebagai khalifah sesuai dengan firman Allah dalam Q.S Al-Baqarah ayat 30.

    Dan (ingatlah) ketika Tuhanmu berfirman kepada para malaikat, "Aku hendak menjadikan khalifah di bumi." Mereka berkata, "Apakah Engkau hendak menjadikan orang yang merusak dan menumpahkan darah di sana, sedangkan kami bertasbih memuji-Mu dan menyucikan nama-Mu?" Dia berfirman, "Sungguh, Aku mengetahui apa yang tidak kamu ketahui."

    Ayat tersebut mengajarkan kita untuk merusak apa yang ada di bumi. Contohnya dengan cara tidak egois, tidak memburu hewan-hewan yang ada di Indonesia maupun luar Indonesia.
  • 0 comments:

    Posting Komentar

    Guru dan Staff