Menjaga Lingkungan Mulai dari Sekarang

 Menjaga Lingkungan Mulai dari Sekarang



Saat ini, menjaga lingkungan sangat penting. Karena saat ini, Indonesia termasuk ke dalam salah satu penyumbang sampah plastik terbanyak. Dan Indonesia juga sekarang menjadi penyumbang sampah plastik terbanyak ke-dua di dunia. Indonesia juga salah satu pembuang sampah plastik terbanyak ke laut. Salah satu cara menjaga lingkungan adalah dengan cara memilah sampah secara baik dan benar. 


Karena Indonesia termasuk ke dalam penyumbang sampah plastik terbanyak. Jadi kita sebagai penduduk yang tinggal di Indonesia tidak boleh hanya diam saja. Kita sebagai penduduk harus bisa memilah sampah dengan bijak. Bagaimana cara memilah sampah secara bijak? Pertama, memilah sampah bisa dilakukan dengan cara dengan memisahkan antara sampah organik dengan sampah anorganik. 


Sampah organik adalah sampah yang mudah membusuk diantaranya adalah sampah sayuran, buah, atau sisa makanan, serta sampah kebun seperti dedaunan, rumput, ranting, dan lain-lain. Sedangkan sampah anorganik adalah sampah yang sulit membusuk atau tidak bisa membusuk diantaranya seperti plastik, kaca, kertas, kardus, dan logam. Ternyata selain sampah organik dan anorganik, ada jenis sampah yang berbeda. Yaitu sampah bahan berbahaya dan beracun. Sampah bahan berbahaya dan beracun adalah sampah yang bahkan bisa meledak atau memiliki zat yang beracun diantaranya adalah sampah limbah rumah sakit, sampah limbah pabrik, dan lain-lain.


Kedua, setelah memilah sampah yang harus dilakukan adalah mengolah sampah. Bagaimana cara mengolah sampah organik? Cara mengolah sampah organik adalah dengan cara mengomposkan sampah organik. Mengomposkan sampah organik adalah menjadikan sampah organik sebagai pupuk alami. Pupuk alami juga sering dikenal sebagai pupuk kompos.


Bagaimana cara mengolah sampah sampah anorganik? Cara mengolah sampah anorganik adalah dengan cara mendaur ulang sampah anorganik. Atau dengan cara menjual atau menyumbangkannya ke orang lain. Misalnya, kepada tempat barang bekas, ke tempat daur ulang, atau kepada tukang rongsokan atau pemulung yang lebih membutuhkan. Daripada kita membuang sampah sembarang. 


Inti dari semua cara tersebut adalah kita harus menjaga lingkungan, agar Indonesia bisa terbebas dari negara penyumbang sampah terbanyak ke-dua di dunia. Satu contoh menjaga lingkungan adalah dengan membuang sampah pada tempatnya. Jika kita tidak bisa mendaur ulang atau mengolah sampah dengan baik. Maka kita minimal harus bisa memilah sampah dengan bijak atau dengan baik dan benar.***RM


Tidak ada komentar:

Posting Komentar