Membiasakan Memilah Sampah Organik dan Anorganik

 Membiasakan Memilah Sampah Organik dan Anorganik



Membiasakan memilah sampah organik dan anorganik adalah kita sudah mencerminkan hidup sehat dan menyelamatkan bumi dari bencana. Bila kita membuang sampah begitu saja dijalan, semakin lama akan semakin menumpuk yang membuat polusi udara. Saat hujan juga, bisa menimbulkan banjir karena banyak sampah yang menutup saluran menjadi terhambat, bisa juga merugikan atau menghambat semua aktivitas seluruh masyarakat. Memilah sampah harus dibiasakan sejak dini, agar saat besar sudah nanti sudah terbiasa. Jika tidak terbiasa membuang sampah pada tempatnya dan tidak terbiasa memilah sampah organik dan anorganik akan rugi bagi diri sendiri juga orang lain.

Bagaimana cara membiasakan memilah sampah dengan baik? Pertama, kita harus tahu terlebih dahulu mana sampah yang termasuk organik juga mana sampah yang termasuk anorganik. Sebelum memilah tentu saja kita harus tahu ini termasuk sampah apa dan ini termasuk sampah apa. Hal terpenting adalah membiasakan tidak membuang sampah sembarangan. Jika tidak menemukan tempat sampah, lebih baik sampahnya disimpan di tas kita dan dibuang saat dirumah nanti. Bila kita membiasakan membuang sampah pada tempatnya, orang orang pun yang melihat akan ikut sadar dan memulai mencontoh kita.

Kedua, sediakan tempat sampah di rumah khusus untuk organik dan khusus untuk anorganik agar kita sedikit demi sedikit mencoba memilah sampah. Sampah yang termasuk organik adalah daun, sisa sisa makanan, jadi bila kita selesai makan dan ada sisanya maka buang ke tempat sampah organik. Yang termasuk sampah anorganik adalah misalnya wadah bekas snack seperti bungkus taro, lays dll. Maka sampah itu buanglah ke tempat sampah anorganik juga bekas bekas kertas buku buanglah ke tempat sampah anorganik. Maka dari itu, cobalah memilah sampah di rumah masing masing berlatih agar terbiasa nantinya.

Ketiga, setelah mengetahui bedanya sampah organik dan anorganik juga sudah mulai terbiasa dengan latihan dirumah. Mulailah memilah sampah dengan baik dimanapun, mau disekolah, dijalan, dimall dll harus diterapkan. Tegur lah orang orang yang sengaja membuang sampah sembarangan dimana saja. Beri saran kepada orang itu agar membuang sampahnya pada tempat sampahnya. Kebersihan itu adalah sebagian dari iman.

Keempat, kita harus sadar dengan diri kita masing masing dengan bahayanya membuang sampah sembarangan. Terutama membuang sampah dapat menyebabkan banjir, polusi udara dan ketidaknyamanan bagi warga atau masyarakat. Bila banjir sudah parah seperti banjir bandang bisa juga menimbulkan kerusakan atau juga bisa memakan korban. Polusi udara juga bisa berbahaya bagi orang yang mengidap asma atau penyakit lainnya juga polusi udara benar benar membuat orang tidak nyaman. Maka dari itu, kita harus sadar akan bahayanya membuang sampah sembarangan dan tidak memilahnya dengan baik.

Inti dari semua cara di atas, kita harus membiasakan hidup pola sehat dengan memilah sampah dengan baik. Dengan memilah sampah dengan baik bisa menghindarkan dari bencana dan membuat untung bagi semuanya bahkan seluruh masyarakat. Sebaliknya bila kita malas memilah atau malas membuang sampah pada tempatnya bisa rugi buat diri kita sendiri juga rugi bagi masyarakat contohnya seperti beberapa bencana tadi. Marilah kita memulai pola hidup sehat dan berperilaku disiplin dan membuang kebiasaan kita yang buruk. Mulailah dari sekarang memilah sampah dengan baik yang bisa membawa kehidupan lebih baik.   


Tidak ada komentar:

Posting Komentar