Prestasi

Pencapaian prestasi pesserta didik SMP Ar Rafi' Drajat.

  • Hari Lingkungan Hidup Indonesia

     Hari Lingkungan Hidup Indonesia


    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh semuanya

    Hari ini saya membuat artikel yang bertemakan hari lingkungan hidup Indonesia yang bertepatan pada tanggal 10 Januari. 


    Nah, kita semua sekarang sedang berada di masa pandemi covid 19. Di tahun 2020 ini kita hanya bisa diam di rumah dan melakukan segala sesuatu di tempat tinggal kita masing - masing. Tidak disadari sudah banyak wilayah dan area yang termasuk zona merah. Semoga kita terus dilindungi dan diberi kesehatan oleh Allah SWT. Aamiin…..


    Jika kita lihat, bagaimanakah situasi sekarang ini? Bagaimana keadaan di luar sekarang? Bagaimana lingkungan luar rumah kita? Apakah lingkungan kita baik - baik saja? Apakah terawat? Telah diperingatkan tanggal 10 Januari bahwa hari itu juga, itu adalah Hari Lingkungan Hidup Indonesia. Hari itu bisa dibilang untuk meningkatkan kesadaran manusia terhadap lingkungan dan ekosistem di bumi sendiri. Tapi kita juga harus tetap menjaga lingkungan tidak hanya di hari itu. Kita harus tetap menjaganya dan tidak merusaknya selama yang kita bisa.


    Bisa dikaitkan dengan keadaan kita sekarang ini. Saya akan bilang bahwa ada positif dan negatif nya dengan kaitan kita diam di rumah dan keadaan lingkungan sekitar. Positif nya adalah lingkungan kita tidak terlalu berpolusi karena tidak banyak orang yang beraktivitas di luar rumah menggunakan kendaraan. Tapi negatif nya adalah tidak banyak orang yang menjaga lingkungan sekitar karena kita semua tinggal diam di rumah kita masing - masing. Contohnya, banyak sampah di lingkungan luar dan karena semua orang tinggal diam di rumah, siapa yang akan membersihkan?


    Telah dijelaskan di dalam Q.S. Al - Baqarah ayat 30 :


    وَاِذْ قَالَ رَبُّكَ لِلْمَلٰۤىِٕكَةِ ِانِّيْ جَاعِلٌ فِى الْاَرْضِ خَلِيْفَةً ۗ قَالُوْٓا اَتَجْعَلُ فِيْهَا مَنْ يُّفْسِدُ فِيْهَا وَيَسْفِكُ الدِّمَاۤءَۚ وَنَحْنُ نُسَبِّحُ بِحَمْدِكَ وَنُقَدِّسُ لَكَ ۗ قَالَ اِنِّيْٓ اَعْلَمُ مَا لَا تَعْلَمُوْنَ


    Dan (ingatlah) ketika Tuhanmu berfirman kepada para malaikat, “Aku hendak menjadikan khalifah di bumi.” Mereka berkata, “Apakah Engkau hendak menjadikan orang yang merusak dan menumpahkan darah di sana, sedangkan kami bertasbih memuji-Mu dan menyucikan namamu?” Dia berfirman, “Sungguh, Aku mengetahui apa yang tidak kamu ketahui.”


    Ayat di atas menjelaskan bahwa kita harus membuktikan bahwa kita bisa menjaga lingkungan kita dan bukan malah merusaknya. Kita bisa melakukannya dengan banyak cara. Kita bisa mengurangi sampah plastik dengan menggunakan bahan daur ulang untuk barang - barang yang kita perlukan. Kita juga bisa mengurangi bepergian keluar menggunakan kendaraan berbensin. Berjalan di pagi hari adalah yang paling baik, paling cukup, dan sudah sangat menyehatkan. Tapi jangan lupa dengan protokol nya untuk memakai masker saat keluar rumah dan bepergian.***



  • 0 comments:

    Posting Komentar

    Guru dan Staff