SUDUT PANDANG PENDIDIKAN DI MASA COVID-19 (SMP AR RAFI DRAJAT SEKOLAH ISLAM FAVORIT DI BANDUNG)


SUDUT PANDANG PENDIDIKAN DI MASA COVID-19

Pandemi Covid-19 menjadikan ancaman dalam menurunnya kualitas pendidikan dan membatasi hak siswa untuk belajar. Di sisi lain, pandemi ini membawa siswa kepada dua hal yaitu menemukan cara baru untuk belajar atau mereka tidak berdaya dalam keadaan ini.

Bisa jadi, penurunan nilai dapat terjadi karena para siswa kesulitan untuk memahami pembelajaran di masa pandemi ini.


Wilayah Indonesia yang sangat luas dimana sebagian besar tinggal di daerah pedesaan dengan tingkat pendidikan dan penguasaan teknologi yang rendah. Sarana prasarana juga belum memadai dan berbagai hal penghambat lainnya. Hal ini menyebabkan proses pembelajaran daring sulit diterapkan secara efektif. Hanya beberapa siswa yang dapat mengikuti pembelajaran secara daring. Hal ini disebabkan pada saat pembelajaran sebagian siswa tidak berada dirumah tetapi melaksanakan aktivitas membantu orang tua. Masalah jaringan koneksi pun menjadi penghambat yang cukup berat bagi para siswa.


Para guru pun harus bisa menganalisa dan memperhatikan keadaan siswa-siswi saat pembelajaran secara daring. Oleh karena itu, Guru inisiatif melakukan kunjungan ke rumah siswa yang belum bisa bergabung ke kelas daring. Dengan ini guru dan siswa dapat berdiskusi untuk mengetahui kebutuhan dan permasalahan yang dihadapi siswa.


Orangtua merupakan jendela pertama pendidikan anak anak. Pengaruh orangtua saat ini sangat besar terhadap pendidikan anak sehingga pengaruh inilah yang harus dimanfaatkan guru untuk mewujudkan pembelajaran daring yang efektif. Dengan ini orangtua dapat mengajak anaknya menyadari betapa pentingnya proses pembelajaran daring yang bisa dilaksanakan tanpa harus terikat ruang dan waktu.


Pembelajaran secara daring ini memang dibuat agar memudahkan para siswa untuk belajar di masa pandemi Covid-19 ini. Namun, jika beberapa siswa-siswi tidak dapat mengikuti maka proses berkembang/berjalannya pendidikan pun akan semakin terhambat. Berbagai masalah/hambatan yang terjadi dalam proses pembelajaran secara daring ini harus mendapat perhatian serius agar penentu kemajuan dunia pendidikan kita menjadi lebih baik dari sebelumnya. Kita harus percaya, tanpa pendidikan yang baik, bangsa ini akan kehilangan harapan. Dan orang yang tidak punya harapan, pada dasarnya tidak punya kehidupan.

Sekolah Ar Rafi’ Drajat telah membuka pendaftaran untuk tahun ajaran baru 2020-2021 sejak bulan September lalu. Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi www.arrafidrajat.sch.id atau ikutimedia sosial FB, IG @smparrafidrajat.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar