Pemilihan Online Ketua OSIS Masa Bakti 2020-2021 di SMP AR RAFI’ DRAJAT (sekolah Islam favorit di Bandung)

 

Partisipasi Pemilihan Ketua OSIS SMP AR RAFI’ DRAJAT (sekolah Islam favorit di Bandung) Masa Bakti 2020-2021 Dilaksanakan Online


SMP AR RAFI DRAJAT (BANDUNG) -- Organisasi Siswa Intra Sekolah atau biasa disebut OSIS merupakan salah wadah berkegiatan peserta didik serupa lembaga eksekutif dalam sebuah negara. Biasanya pemilihan ketua OSIS selalu semarak, selayaknya pemilihan presiden atau kepala daerah. Mengenang memory tahun lalu, sebuah pesta demokrasi digelar layaknya TPS dengan bilik-bilik yang berjajar. Kemeriahan ini yang selalu dinanti oleh para siswa/i di SMP AR RAFI DRAJAT (sekolah Islam favorit di Bandung).

Namun, dikarenakan pandemi Covid-19 menjadikan pesta demokrasi di SMP AR RAFI’ DRAJAT (sekolah Islam favorit di Bandung) dilakukan secara online. Walaupun pandemi tengah melanda, hal ini tidak menjadi kendala, karena Pemilihan Ketua OSIS (Pemilos) bisa dilaksanakan sesuai tanggal yang sudah direncanakan dengan memanfaatkan salah satu aplikasi dari google for education. Pada Jumat, 09 Oktober 2020, Majelis Permusyawaratan Siswa (MPS) SMP AR RAFI' DRAJAT (sekolah Islam favorit di Bandung) menyelenggarakan kegiatan pemilihan ketua OSIS dengan mengambil tema "PENDEKAR" yang artinya seorang pemimpin yang berani, disiplin, dan berakhlakul karimah.

Pemilos dimulai pukul 07.10 WIB melalui live streaming Youtube SMP AR RAFI DRAJAT (sekolah Islam favorit di Bandung), diawali dengan sosialisasi Pemilos dan video kampanye serta orasi dari masing-masing calon. “ Sebenarnya kampanye dari masing-masing kandidat sudah dilakukan jauh-jauh hari melalui pamflet dan video”, ungkap Heri Kherudin Haq, S.Pd, pembina OSIS SMP AR RAFI DRAJAT (sekolah Islam favorit di Bandung).

Calon ketua OSIS SMP AR RAFI DRAJAT (sekolah Islam favorit di Bandung) tahun 2020/2021 ada 6 siswa/i, yaitu:

(01) Aulia Hakim

(02) M. Raynold A.K

(03) Desfira Aurora F

(04) Syakira R.S

(05) M. Omar A.M

(06) Dzikra Ahmad R.N 

 

Langkah-langkah yang ditempuh peserta didik untuk menggunakan hak pilih tidak rumit. Para siswa akan diberikan link google form. Setelah itu, mereka bisa memilih kandidat dengan mengakses link http://gg.gg/pemiluOSIS20-21 dan diberikan pengarahan oleh panitia pemilihan OSIS di setiap kelas menggunakan aplikasi google meet. 

“Ibu berharap, semua peserta didik menggunakan hak pilihnya. Jangan sampai tidak memilih alias GOLPUT ,” ungkap Merisya S.Si S.Pd, kepala SMP AR RAFI DRAJAT (sekolah Islam favorit di Bandung) dalam sambutannya.

Dalam acara ini, Ahmad Dzulfikar, S.Pd, PKS Kesiswaan SMP AR RAFI DRAJAT (sekolah Islam favorit di Bandung) juga turut memberikan sambutan. Beliau berpesan agar Pemilihan Ketua OSIS bisa dijadikan latihan berdemokrasi bagi peserta didik SMP AR RAFI DRAJAT (sekolah Islam favorit di Bandung).

Dalam Pemilos ini, tingkat partisipasi peserta didik cukup tinggi. Berdasarkan catatan panitia, 140 suara masuk. Dari total seluruh peserta didik hanya 30 peserta didik yang tidak menggunakan hak pilihnya. Kandidat nomor urut 1 : Aulia Hakim berhasil terpilih sebagai ketua OSIS 2020/2021 dengan perolehan 30 suara.

“Alhamdulillah, pemilihan ketua OSIS dapat berjalan dengan lancar, tingkat partisipasi ananda juga cukup tinggi,” ungkap Ahmad Dzulfikar, S.Pd, sebagai PKS Kesiswaan SMP AR RAFI DRAJAT (sekolah Islam favorit di Bandung).

Lebih lanjut, ia mengungkapkan bahwa pelaksanaan Pemilos kali ini sudah cukup baik dengan tetap mengutamakan pencegahan COVID-19 dengan memanfaatkan salah satu aplikasi google for education.

Semoga momentum Pemilos ini bisa dijadikan ajang pembelajaran politik dan berdemokrasi secara sehat bagi siswa/i SMP AR RAFI DRAJAT (sekolah Islam favorit di Bandung), dan juga sebagai penegasan bahwa politik sebenarnya bukan hal yang tabu untuk dibahas dan dipraktikkan. Pemilos tahun ini juga sebagai ajang regenerasi dan penyegaran kepemimpinan di OSIS SMP AR RAFI DRAJAT (sekolah Islam favorit di Bandung). Semoga kandidat yang terpilih adalah orang yang amanah dan berintegritas yang nantinya dapat memberikan terobosan-terobosan cemerlang untuk kebaikan SMP AR RAFI DRAJAT (sekolah Islam favorit di Bandung).***Riyadul Maisah



Tidak ada komentar:

Posting Komentar