SISTEM DIGITALISASI SIAK DI SMP AR RAFI’ DRAJAT BANDUNG (SEKOLAH ISLAM FAVORIT DI BANDUNG)

SISTEM DIGITALISASI SIAK ABSENSI GURU DAN SISWA DI SMP AR RAFI’ DRAJAT BANDUNG (SEKOLAH ISLAM FAVORIT DI BANDUNG) 
SEBAGAI LANGKAH AKURASI DATA DALAM PENANGANAN KEHADIHAN 

Bandung, Oktober 2020

SMP Ar Rafi’ Drajat Bandung senantiasa mengedepankan disiplin tepat waktu baik untuk siswa maupun untuk guru, apalagi sejak pertama kali digulirkan sistem kehadiran berbasis digital, maka kehadiran siswa maupun guru harus terdeteksi secara akurat oleh pihak manajemen dan kepala sekolah. Bercermin kebelakang rata-rata sebagian sekolah  menggunakan sistem kehadiran berbasis kertas, kehadiran guru dan siswa memang telah terjaring sesuai waktu, namun keakuratan apa yang ditulis oleh siswa dan guru itulah yang menjadi titik persoalan. Adakalanya  siswa kesiangan tapi menulis dibukunya tepat waktu, demikian juga kehadiran guru mungkin seperti itu, sehingga terkadang menimbulkan salah paham dan ini akan menjadi korelasi yang tidak sehat bagi antar warga sekolah.

Sebenarnya sistem absensi digital ini, di SMP Ar Rafi’ Drajat (Sekolah Islam Favorit di Bandung) telah dirintis tahun 2017 sejak berdirinya sekolah ini dan berjalan sangat lancar. Karena pada saat itu kami sudah memulai revolusi digital, jadi memang tidak banyak menemukan kendala secara teknis dan juga secara psikologis, disamping saat itu tuntutan kehadiran guru secara digital sudah menjadi kebutuhan yang serius.

Melihat sistem pendidikan terus berubah kearah digital, dari mulai dapodik, guru pembelajar, sistem penilaian, pemberian tugas secara online dan lain sebagainya, makin kesini makin terasa kebutuhan absen digital sebagai langkah akurasi kehadiran untuk menghindari kesalah pahaman. Langkah menuju sistem kehadiran digital ini, akhirnya menjadi solusi bagi kepala sekolah dan manajemen sekolah, untuk menciptakan Sistem Informasi Akademik atau dikenal dengan SIAK yang bertujuan supaya semua administrasi guru terwadahi dengan baik, terutama absensi siswa.

Karena untuk mendeteksi kehadiran siswa tidak lagi melalui kata-kata berupa teguran, intruksi untuk selalu hadir atau debat tentang kehadiran yang diragukan, tapi siswa frekuensi kehadirannya akan dibaca oleh sistem dan akan menjadi sebuah fakta yang akurat tentang kehadirannya di sekolah.  Dan fakta itu tak akan terbantahkan oleh alasan-alasan yang tidak jelas.

Sistem ini memang memerlukan keahlian mempuni di bidang IT, tapi kebutuhan semakin mendesak, apalagi SMP Ar Rafi’ Drajat yang telah memiliki trackrecord sebagai sekolah perintis digital di kota Bandung yang semua kegiatan pembelajarannya Berbasis Digital. 

Dengan sistem SIAK kehadiran ini diharapkan guru dan siswa semakin semangat untuk hadir tepat waktu, kalaupun terjadi ketidakhadiran yang dialami guru, maka guru itu tak akan menyalahkan siapapun karena sistem telah mendeteksinya dan mengikatnya secara akurat. Selain itu, sistem absensi siswa yang digunakan oleh SMP Ar Rafi’ Drajat terhubung langsung dengan orang tua berupa pesan singkat di smartphone. 

Sistem kehadiran digital SMP Ar Rafi’ Drajat ini berupa SIAK dengan memanfaatkan salah satu aplikasi google for education berupa google sheets yang terhubung dengan website SMP Ar Rafi’ Drajat. SIAK diberlakukan selain untuk kehadiran siswa dikelas, tapi juga diberlakukan untuk memberikan point apresiasi bagi siswa yang berprestasi atau lebih ke arah attitude. Kami kenal dengan point KPK (Kartu Prestasi Kegiatan). Dengan penambahan dan pengurangan point pada KPK, siswa akan dibimbing untuk senantiasa berlomba-lomba dalam kebaikan dan menjaga sikap baik pada guru, teman maupun dengan orang tua. Pengisian point KPK tidak hanya Kesiswaan dan Wali Kelas, namun guru mata pelajaran lain juga bisa mengisi KPK di SIAK. Dan semua ini sangatlah efektif, apalagi saat ini Indonesia bahkan diseluruh dunia sedang mengalami pandemi COVID-19 yang memang memaksa guru dan siswa  dalam sistem pembelajaran harus beralih ke sistem online. Karena sebelum pandemi sudah berbasis digital, maka SMP Ar Rafi’ Drajat baik guru dan siswa tidak mengalami kesulitan dalam proses pembelajaran, termasuk kehadiran siswa dan guru yang semakin terarah dengan baik. *** Riyadul Maisah

Sekolah Ar Rafi’ Drajat telah membuka pendaftaran untuk tahun ajaran baru 2020-2021 sejak bulan September lalu. Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi www.arrafidrajat.sch.id atau ikutimedia sosial FB, IG @smparrafidrajat.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar