Tetap Berkarya Selam Pandemi 

Karya Jasmine Rahma Haniya

Pandemi virus corona sudah berjalan lebih dari tiga bulan lamanya. Masyarakat diharuskan untuk melakukan social distancing dan PSBB (pembatasan sosial berskala besar-besaran). Yang mana juga membuat toko-toko, kantor, mall, dan sekolah tutup dari aktivitas.


Tantangan terbesar yang kita alami selama pandemi pada adalah kejenuhan. Semakin lama berdiam diri di rumah, kita akan merasakan yang namanya bosan. Bahkan tak jarang anak-anak sekolah pun mengeluh pada guru dan orang tuanya akan kebosanan yang melanda.


Nah, sebenarnya banyak lho kegiatan yang dapat dilakukan di rumah, tapi tetap menghasilkan karya.  Kegiatan-kegiatan ini akan membuat kalian tetap produktif selama pandemi dan waktu yang kita gunakan pun tidak akan terbuang sia-sia.


Berikut ini adalah contoh-contoh kegiatan yang positif dan bermanfaat yang bisa dilakukan saat social distancing berlangsung:


Melukis

Selain dapat menghilangkan jenuh, melukis juga bisa mengasah kreativitas kita. Tidak perlu harus selalu bagus, cukup ayunkan kuas di atas kertas atau kanvas dengan warna sesuka hati. 


Referensi melukis bisa dengan mudah didapatkan dari aplikasi, sosial media, dan yang paling mudah adalah dari lingkungan sekitar. Lukisan-lukisan sederhana yang dapat kita buat sudah sangat bermanfaat dalam bijak menggunakan waktu.


Melukis ditemani dengan musik klasik dan secangkir teh hangat akan menjadi rekomendasi yang sangat pas untuk kamu yang lagi ingin merilekskan pikiran.


Menyulam 


Meski kegiatan yang satu ini terbilang cukup sulit, namun jika terus dilakukan berulang kali akan terasa menyenangkan lho.


Kegiatan menyulam juga akan sangat berguna bagi kaum hawa. Apalagi teruntuk yang akan menjadi ibu. Sama seperti melukis, menyulam juga dapat menenangkan pikiran dan membebaskan diri dari stress yang melanda.


Tidak perlu malu akan dicap seperti nenek-nenek. Karena menyulam bukanlah suatu hobi yang memalukan. Serta memiliki manfaat luar biasa, contohnya adalah mengurangi pikun dan menurunkan tekanan darah tinggi.


Menulis jurnal 



Me time terbaik adalah menulis jurnal. Sesibuk apapun kita masih bisa menulis setidaknya kejadian yang paling kita ingat hari itu. Entah itu menyenangkan, sedih, memalukan, atau bahkan yang membuat emosi kita naik.

Jurnal bisa berisi apapun yang ingin kita tulis, misalnya to do list, rencana minggu ini, acara bulan ini, quotes dari guru bijak, dan lain sebagainya.
Hanya dengan menulis jurnal, produktivitas kita perlahan-lahan akan semakin meningkat. Serta akan lebih fokus dalam belajar dan bekerja. 
Seiring dengan seringnya kita menulis pada jurnal, kemampuan menulis kita juga pasti akan meningkat. Jadi, kapan nih mau memulai untuk menulis jurnal? 

Bermain alat musik/instrumen

Salah satu kegiatan positif yang memberikan banyak manfaat lainnya adalah bermain alat musik. Bisa dengan piano, gitar, pianika, biola, dan lain sebagainya.


Bermain alat instrumen memiliki manfaat untuk meningkatkan sistem pernapasan dan menjaga jantung agar tetap sehat. Serta dapat merangsang otak dan otot.


Selain dapat bermanfaat pada kesehatan fisik, bermain instrumen juga memiliki manfaat pada kesehatan mental. Yaitu, mempertajam pikiran, mengatur suasana hati, juga membantu pada penanganan alzheimer. 



Belajar bahasa asing


Yang satu ini memang kegiatan yang lebih susah dari menyulam. Tapi sebenarnya belajar bahasa asing itu sangat menyenangkan! Bahasa merupakan salah satu cara kita untuk berkomunikasi dengan orang lain. Kemampuan bahasa asing dapat berguna di masa depan. Contoh yang paling menguntungkan adalah dapat berguna pada saat kita bekerja nanti.


Dalam mempelajari bahasa asing pikiran kita akan lebih terasah. Karena dalam prosesnya kita akan berusaha untuk mengingat kata baru, mengenali tata bahasa baru, dan menguasai pengucapan.


Nah, lima poin di atas adalah sebagian dari banyaknya kegiatan yang masih bisa dilakukan. Disamping itu, selain kita menjadi produktif, hasil-hasil dari kegiatan tersebut juga menghasilkan karya dan melatih kreativitas kalian.

Semoga artikel ini dapat membantu teman-teman yang jenuh selama pandemi. Serta, membangkitkan semangat untuk tetap melakukan kegiatan positif. 

Ingat, pandemi bukanlah halangan bagi kita untuk tetap menghasilkan karya yang membanggakan negeri!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar