Prestasi SMP Ar Rafi' Drajat

• PERJALANAN EDU TRIP

Ten Days in Thailand and                 Malaysia

By Zazkia

Hello, aku  Zazkia. Namun, teman-teman memanggilku Zia. Kali ini aku akan menceritakan perjalananku selama Study Tour di Thailand dan Malaysia dalam acara ASFC 2019. Perjalanan yang cukup menyenangkan karena di sana aku memiliki keluarga angkat dan pengalaman.

Perjalanan ke Bandara Soekarno Hatta

Sabtu, 27 Juli 2019

Jam 02.00 WIB siang kami berkumpul di SMP Ar Rafi’ Drajat dengan diantar orang tua masing - masing untuk pengecekan barang - barang yang akan dibawa ke Thailand dan Malaysia. Setelah barang sudah lengkap kami menaruh tas kami di mobil yang akan berangkat ke TBS. Sebelum berangkat ke TBS, kami melaksanakan sholat ashar terlebih dahulu, lalu bergegas menuju TBS yang berada di Batununggal. Setelah sampai di TBS, kami semua menaiki Bus tersebut dan menuju ke Bandara Soekarno Hatta di Jakarta.

Kegiatan di Bandara Soekarno Hatta

Kami sampai di Bandara Soekarno Hatta pada malam hari. Dan langsung mencari tempat untuk menaruh tas yang kami bawa. Kami menunggu di Bandara sampai malam hari, sebelum akhirnya kami naik ke Pesawat. Kami benar - benar tidak bisa melakukan apa - apa karena memang tidak ada kerjaan selain menunggu sampai waktunya kami tiba untuk naik Pesawat. Sambil menunggu naik Pesawat, kami melakukan banyak hal bersama seperti bermain Truth or Dare hingga berkeliling di sekitar Bandara untuk mencari makan. Kami tidak bisa tidur di Bandara karena kita sangat bersemangat untuk pergi ke Thailand. Sampai akhirnya anak Alam Jingga sudah datang semua dan kita bersiap untuk melakukan imigrasi. Setelah melakukan imigrasi, kita berkeliling sebentar sampai akhirnya kita naik ke Pesawat.

Transit di Malaysia

Minggu, 28 Juli 2019

Kami sampai di Bandara Malaysia pada hari Minggu, 28 Juli 2019 pagi hari. Kami berkeliling di sekitar Bandara selama 5 jam. Sama seperti di Bandara sebelumnya, kami tidak bisa melakukan banyak hal selain menunggu hingga naik pesawat lagi. Sehingga kami mencari makan kesana kemari, menonton youtube di laptop yang tersedia di sana, sampai menongkrong bersama di karpet bandara. Dan akhirnya waktu kita menaiki pesawat telah tiba dan kami pun menaiki pesawat dan berangkat ke Thailand.

Sampai di Bandara Hat Yai International Airport

Kami sampai di Bandara Hat Yai International Airport pada pukul 3 sore. Di Bandara Hat Yai kami berkeliling - liling di sana sambil mencari minuman khas Thailand yaitu Thai Tea. Lalu, kami duduk di sekitar Bandara sambil menunggu Bus yang akan membawa kami ke suatu tempat datang. Hingga bus datang sekitar pukul setengah 5 sore dan kami pun segera naik ke Bus tersebut.

Mengeksplor Khlong Hae Floating Market

Bus berhenti di Khlong Hae Floating Market pada jam setengah 6 sore. Khlong Hae adalah pasar terapung yang berada di Hat Yai. Disana, banyak sekali makanan, minuman ataupun aksesoris khas Thailand. Penjualannya pun unik, banyak penjual yang berada di atas Perahu yang mengambang di air. Disana, kami jajan banyak makanan hingga perut kami sangat kenyang. Kami membeli twist potato khas Thailand, Thai Tea yang berada dalam kerajinan tanah liat, seafood dan masih banyak lainnya, tak lupa membeli kelapa muda karena kami sangat haus disana. Kami juga sempat melihat pertunjukan di sana, banyak anak - anak mungkin seumuran kita yang menarikan lagu khas Thailand. Namun, karena sudah semakin sore, maka kami harus melanjutkan perjalanan kami menuju Piraya Nawin Klonghin Wittaya.

Istirahat di Piraya Nawin Klonghin Wittaya

Masih menggunakan bus yang tadi membawa kami ke Khlong Hae Floating Market, kami sekarang di bawa ke Piraya Nawin Klonghin Wittaya. Sebelum kami di turunkan di Piraya Nawin School, guru - guru kami terlebih dahulu diturunkan dan berpisah dengan kami, kami akan bertemu lagi dengan guru - guru pada keesokan harinya. Meski kami tidak bersama guru - guru kami malam ini, namun kami ditemani teman - teman baru dari sekolah lain juga kakak - kakak baru yang akan membimbing kami di sana. Kami sampai di Piraya Nawin School pada malam hari. Saat kami turun dari Bus, ikhwan dan akhwat menuju tempat yang berbeda. Dan kami langsung disambut oleh siswi - siswi yang bersekolah disana. Kami bersalaman dan akhirnya masuk ke kamar tempat kami tidur malam ini. Kami membereskan barang - barang yang kami bawa dan mempersiapkan barang - barang yang akan digunakan saat tidur. Kami satu persatu sholat dan bersiap - siap untuk tidur. Sebelum tidur, kami sempat bercerita sedikit sebelum akhirnya satu per satu dari kami pergi ke alam mimpi.

Kegiatan di Piraya Nawin School

Senin, 29 Juli 2019.

Pukul 04.30 kami sudah di bangunkan oleh alarm pergi dari alam mimpi. Kami bergantian untuk mandi, sholat subuh dan lain - lain. Setelah semua mandi, kami merapikan barang - barang ke dalam tas dan menuju aula untuk pembukaan acara Asean Fellowship Camp 2019. Kami disambut meriah oleh siswa - siswi Piraya Nawin School, dan kami disambut hangat oleh Kepala Sekolah dari Piraya Nawin School.

Setelah penyambutan - penyambutan, masing - masing sekolah menampilkan penampilan yang sudah dipersiapkan oleh masing - masing sekolah berminggu - minggu lalu. Kami bergegas mengganti baju kami menjadi baju kebaya dan pangsi. Setelah mengganti baju, kami menunggu giliran hingga kami dipanggil untuk menampilkan penampilan yang akan kami tampilkan. Nomor demi nomor terus terpanggil ke depan, hingga tiba saatnya nomor kami untuk tampil dipanggil. Kami segera bergegas naik ke panggung, dan menampilkan tarian ‘Manuk Dadali’. Setelah selesai tampil, kita menunggu hingga acara selesai, dan kami bersiap - siap membereskan tas untuk dibawa ke rumah foster parent kita nanti. Menjelang sore, acara pun selesai, dan masing - masing peserta Edu Trip dipanggil namanya untuk bertemu dengan foster parent mereka. Akhirnya namaku dipanggil, aku akan tinggal sementara di rumah siswi yang bernama ‘Amanee Ma’Mad’. Aku akan tinggal di sana sementara dengan 2 teman baru, yang satu orang Indonesia dan satunya lagi orang Thailand dari sekolah lain. Aku menempuh perjalanan sekitar 30 menit untuk bisa sampai di rumah foster parentku.

Jalan - Jalan bersama Foster Parent

Sesampainya di rumah foster parent ku, aku diantar ke kamar yang akan kami tiduri malam ini dan besok. Di kamar, kami merapikan tas yang kami bawa, lalu bergantian satu per satu mandi dan bersih - bersih. Malam harinya, aku diajak keliling ke Yala Town. Di Yala Town semua lampu menyala dan berwarna - warni, kami mengambil beberapa foto bersama foster parent kami. Lalu, kami diajak makan di suatu pasar yang berada di dekat rumah foster parent kami. Kami dibelikan nasi lemak dan beberapa camilan. Setelah perut kami terisi dan merasa kenyang, kami pulang ke rumah dan bersih - bersih sebelum tidur. Sebelum tidur, kami menghampar karpet bersama, bercerita - bercerita sampai akhirnya kami terlelap tidur diatas karpet tersebut.

Hari Kedua Di Thailand (Selasa, 30 Juli 2019)

Pagi harinya, kami bangun jam 04.30 pagi hari. Dan kami bergantian sholat, mandi dan lain - lain. Sebelum kami berangkat sekolah, kami mencuci sebagian baju kami dan menjemurnya di atas. Lalu, kami berjalan pagi di sekitar taman dekat rumah foster parent kami. Kami berangkat sarapan pada jam 06.30 pagi, dan menuju pasar kecil di pinggir jalan. Lalu kami sarapan beberapa roti yang diberi susu kental manis dan minum dengan es milo. Setelah sarapan, kami pergi menuju Piraya Nawin School. Dan sampai tepat waktu pada jam 08.00.

Kami segera menuju tempat perkumpulan sekolah masing - masing di aula. Di sana, kami melakukan pemanasan terlebih dahulu dengan game kecil. Disusul dengan kegiatan selanjutnya yaitu, kami akan dibagi kelompok yang akan melakukan 3 lomba. Lomba tersebut adalah Cooking Master, Lomba Vlogging, dan Lomba Kerajinan. Aku mendapat bagian di kelompok 4 dan ikut dalam Cooking Master. Semua bahan - bahan dan alat - alat sudah disiapkan oleh panitia, dan kami hanya membuat makanan dari bahan - bahan yang sudah disiapkan. Dari bahan - bahan tersebut, terdapat bahan utama yang menjadi tema masakan Cooking Master ini. Bahan utamanya adalah ikan kakap merah, lalu kami berdiskusi untuk membuat ikan krispi. Kami diberi waktu 1 jam untuk membuat 2 menu dengan bahan utama tersebut. Namun, kami dihadapi oleh banyak rintangan saat kami memasak. Tapi, kami berhasil melalui semua rintangan tersebut sampai akhirnya kami berhasil membuat 2 menu yang berbahan utama ikan krispi kakap merah pedas.

Kami selesai tepat waktu lalu membereskan meja tempat kami memasak. Kami menunggu giliran hingga kelompok kami dipanggil untuk dinilai oleh juri. Kami mendapat giliran terakhir untuk dinilai oleh juri. Setelah dinilai, kami membereskan semua peralatan yang telah kami gunakan untuk memasak. Setelah semua lomba selesai, aku kembali ke teman - teman sekolah ku, dan kami diberi waktu untuk istirahat, sholat, makan dan lain - lain.

Saat istirahat, kami menuju kantin di Piraya Nawin School dan membeli es krim khas Thailand, Thai Tea dan jajan beberapa makanan lainnya. Lalu kami duduk santai di meja aula sekolah. Kami berkenalan dengan teman di sekolah baru, bercerita bersama, bercanda bersama dan lain - lain. Setelah istirahat, kami bermain beberapa games seru lainnya juga menyiapkan penampilan Cultural Show pada perpisahan nanti hingga sore. Dan acara pun dibubarkan, kami menunggu di lantai aula sambil menunggu kami dijemput oleh foster parent masing - masing.

Aku dan teman - teman yang seper foster parent-an menunggu hingga sore karena kami telat dijemput oleh foster parent kami. Sebelum pulang ke rumah, kami diajak jalan - jalan ke taman kecil yang ada di Yala. Lalu, kami diajak ke toko kecil untuk membeli peralatan sekolah. Setelah selesai belanja, kami menuju restoran untuk mengisi perut kami. Kami pulang sore hari, dan langsung beres - beres untuk mandi. Selesai mandi, kami diajak jalan - jalan ke rumah kakek Amanee. Kami menempuh sekitar 30 menit hingga akhirnya kami sampai di rumah kakek Amanee. Kami bertemu banyak saudara Amanee, mulai dari kakeknya, neneknya, kakak sepupunya dan masih banyak lagi. Kami berbincang - bincang sebentar hingga menjelang malam. Dan kami pun pulang ke rumah foster parent untuk tidur.

Hari Ketiga di Thailand (Rabu, 31 Juli 2019)

Sama seperti hari sebelumnya, aku dan teman - temanku bangun jam 04.30 untuk mandi, sholat dan lain - lain. Setelah siap, kami membereskan tas kami untuk dibawa ke Piraya School karena setelah ini, kami tidak akan kembali ke sini lagi. Setelah membereskan barang - barang, kami berolahraga sebentar di taman dekat rumah Amanee. Lalu kami berangkat menuju restoran untuk sarapan. Pagi itu kami sarapan roti parata dengan sayur gulai. Lalu, kami berangkat menuju sekolah. Pagi itu, kami terlambat sampai di Sekolah. Saat kami datang, para siswa - siswi sudah menaiki bus yang akan membawa kami jalan - jalan. Aku pun langsung menghampiri bus yang berisi teman - temanku dan duduk di sebelah Shafa. Setelah semua siswa - siswi lengkap, kami pun langsung berangkat menuju tempat tujuan kami. Tempat pertama yang kami kunjungi adalah Skywalk Pattani.

Jalan - Jalan di Skywalk Pattani

Sesampainya di Skywalk Pattani, kami langsung menaiki tangga yang cukup tinggi untuk berjalan disana. Skywalk tersebut cukup panjang dan jauh. Kami berjalan dan berbincang - bincang di sana sambil tetap berjalan, dan mungkin mengambil beberapa foto disana karena pemandangannya yang bagus. Udara di atas sangatlah sejuk meskipun matahari sudah mulai terik. Kami berjalan sekitar 20 menit hingga menuju ujung dari Skywalk Pattani ini. Di bawah, kami diberi makan oleh Panitia dan duduk lesehan di dekat sungai untuk makan. Kami makan sambil bercerita kisah kami bersama foster parent masing - masing. Selesai makan, kami pun melanjutkan perjalan menuju tujuan selanjutnya.

Sholat di Pattani Central Mosque

Tujuan kami selanjutnya adalah Pattani Central Mosque, karena kebetulan sudah memasuki jam sholat dzuhur, jadi kami mampir untuk sholat di sana. Setelah sholat, kami membeli berbagai minuman, ada yang rasa strawberry, coklat, leci dan masih banyak lagi. Lalu, kami pun melanjutkan perjalanan menuju tujuan selanjutnya.

Eksploring Historical Mosque

Tidak sampai 20 menit, kami tiba di tujuan selanjutnya. Tujuan kami selanjutnya berada di Masjid. Masjid tersebut bukan masjid biasa, masjid tersebut merupakan masjid setengah jadi yang memiliki sejarah yang cukup kelam. Banyak peluru - peluru yang membekas di dinding - dinding Masjid menandakan adanya sejarah lalu yang menyedihkan. Kami sempat mengambil beberapa foto disana untuk pelajaran sejarah di masa mendatang. Setelah itu, kami pun menaiki bus yang kami tadi naiki menuju tujuan selanjutnya.

Menaiki Perahu di Bangpu

Dan akhirnya, kami sampai di tujuan terakhir kami hari ini. Kami sampai di Bangpu pada jam 15.49. Dan kami dibagi menjadi kelompok untuk menaiki perahu - perahu yang masing - masing memuat satu kelompok. Setelah kami dibagi kelompok, kami pun mendapat giliran pertama menuju perahu yang akan kami tumpangi untuk membelah sungai tersebut. Di perahu, kami dihimbau untuk menggunakan pelampung dan berhati - hati saat menggunakan ponsel karena takut terjatuh ke dasar sungai.

Pemandangan disana sangatlah indah, banyak burung camar berterbangan disana. Bangpu tersebut sangatlah luas dan indah. Meski sudah menjelang sore, namun langit tetap menunjukkan sinarnya yang biru. Kami menjelajahi bangpu hingga sore hari dan kembali menuju tempat dimana bus diparkirkan. Sebelum pulang, kami membeli beberapa makanan seperti bakso, crab stick, dan masih banyak lagi. Setelah kenyang, kami pun segera menaiki bus karena hari mulai gelap.

Pulang ke Piraya Nawin School

Kami sampai di Piraya Nawin School pada malam hari. Sesampainya disana, kami disuguhi oleh banyak sekali makanan - makanan khas Thailand dan berbau pedas. Kami pun makan dengan lahap karena kami sangatlah lapar. Sambil makan, beberapa teman kami banyak yang menyumbangkan lagu untuk mereka nyanyikan saat kami makan.

Setelah makan, kami disuruh untuk berkumpul sebentar di bawah sambil membawa kado khusus untuk teman baru yang ada di sana. Kami bermain games tukar kado sebentar sampai akhirnya masing - masing mendapat kado baru. Setelahnya, kami pun membawa tas - tas kami menuju Perpustakaan, bergantian untuk sholat dan mandi lalu tidur.

Perpisahan di Piraya Nawin School

(Kamis, 1 Agustus 2019)

Karena kami tidur larut kemarin malam, kami bangun jam 06.10. Kami pun bergegas bergantian untuk mandi, sholat dan lain - lain.

Jam 07.00, kami sudah menyelesaikan semua urusan masing - masing, baik membereskan tas, membereskan jemuran dan lain - lain. Kami pun bergegas menuju aula karena kami sudah terlambat. Sesampainya di aula, kami sudah disuguhi makanan untuk sarapan. Kami pun mengantri untuk mengambil makanan. Selesai makan, kami pun bergantian mencuci piring yang tadi sudah kami pakai untuk makan. Lalu kami membantu membereskan kursi - kursi menghadap panggung untuk penampilan Cultural Show. Kami pun duduk di salah satu bangku di tengah - tengah sebelum acaranya dimulai. Ketika acaranya dimulai, banyak foster parent kami yang hadir dan mulai duduk di bangku yang sudah disediakan khusus untuk para foster parent. Pertama - tama, kami disuguhi oleh penampilan anak - anak yang sangat mengagumkan, lalu disusul dengan pengumuman - pengumuman juara dari lomba kemarin yaitu Cooking Master, lomba kerajinan, dan lomba Vlogging. Dan terakhir adalah penampilan yang sudah kami siapkan jauh - jauh hari, bersama seluruh siswa - siswi dari Sekolah yang mengikuti kegiatan Asean Fellowship Camp ini. Setelah penampilan berakhir, kami pun berfoto sebanyak - banyaknya dengan teman - teman baru kami yang dari Thailand dan juga foster parent kami. Kami pun menaiki bus membawa tas - tas kami untuk menuju tujuan baru kita.

Menuju Songkhla, Thailand

Karena cukup jauh, kami habiskan setengah perjalanan untuk tidur karena kami sangat lelah. Kami sampai di hotel yang berada di Songkhla sekitar jam 17.09. Sesampainya di hotel, kami dibagi 2 orang 2 orang untuk menempati masing - masing kamar. Aku dan teman dari sekolah lain berada di kamar nomor 304. Dan teman - temanku lainnya berada di kamar lainnya. Di kamar, kami membereskan tas kami, mencuci baju, mandi dan melakukan banyak hal.

Menjelajahi Mall Songkhla, Thailand

Malam harinya, kami merasa lapar dan akhirnya memutuskan untuk menuju Big C yang tak jauh dari hotel yang kami tempati sekarang. Aku bersama guru dan teman - temanku berkumpul dan menuju Big C. Namun, karena kami mengunjungi Big C saat malam sudah larut, Big C sudah tutup dan kami pun akhirnya membeli camilan yang ada di Supermarket tersebut. Juga membeli air putih untuk kami minum. Lalu, kami kembali ke kamar masing - masing dan menunggu makanan yang akan datang menghampiri kamar masing - masing. Setelah makan, kami pun bersih - bersih sebelum akhirnya terlelap tidur.

Jalan - Jalan di Thailand (Jum’at, 2 Agustus 2019)

Mungkin karena tidur terlalu malam, kami bangun kesiangan. Kami pun bergantian untuk mandi, sholat, dan beres - beres. Untuk sarapan, kami menghabiskan makanan yang semalam tidak habis karena sisanya masih banyak. Lalu kami pun berkumpul di depan hotel pada jam 08.26 dan menaiki Tuk - Tuk yang akan membawa kami jalan - jalan.

Eksploring Gallery Songkhla (Old Town)

Tuk Tuk membawa kami ke Gallery Songkla. Gallery Songkla menyimpan banyak sejarah tentang Raja - Raja Thailand. Disana banyak sekali spot foto dan juga tempat untuk mengenal sejarah. Tempatnya pun menarik, tidak terlalu mewah namun terkesan elegan. Setelah puas menjelajah Gallery Songkhla kami pun mengambil foto lalu berjalan kaki menuju tempat selanjutnya.

Pergi ke Pelabuhan Songkhla

Hanya memakan waktu 2 menit, kami sampai di Pelabuhan Songkhla. Kami tidak berlama - lama disana karena anginnya sangatlah kencang. Namun, pemandangan yang disuguhkan sangatlah indah. Udara disana sangatlah sejuk, berbeda setelah keluar dari Pelabuhan Songkhla, udaranya cukup panas.

Bermain ke Samila Beach

Tujuan selanjutnya adalah Pantai Samila. Pemandangan di Pantai Samila sungguh indah, kami mencari kerang bersama bahkan kami pun memasukkan kaki kami ke laut yang airnya sangatlah jernih tersebut. Pasirnya sangatlah lembut dan juga bersih. Namun sayangnya, kami cukup telat saat datang ke sana. Karena kami datang saat matahari mulai terik, sehingga kulit kami rasanya ingin terbakar jika berdiri di atas pasir tanpa alas sedikitpun. Air lautnya pun menjadi hangat. Namun, di dekat pantai, terdapat penjual Es Kelapa Muda yang sangat manis dan segar. Kami membeli Es Kelapa Muda tersebut karena saking hausnya.

Makan

Dari Samila Beach, kami menuju tempat makan untuk mengisi perut kami yang lapar. Kami makan mie kuah manis khas Thailand sampai perut kami kenyang. Setelah itu, kami pun kembali naik ke Tuk - Tuk dan menuju tempat selanjutnya.

Belanja di Souvenir Shop Thailand

Tujuan kami sekarang yaitu ke tempat membeli oleh - oleh khas Thailand. Kami disana memborong oleh - oleh untuk dibawa ke Indonesia. Kami belanja banyak jenis oleh - oleh, mulai dari gantungan kunci, tas, dompet, bubuk Thai Tea dan masih banyak lagi. Setelah belanja kami membeli terlebih dahulu minuman yang berada di luar Toko karena kami sangat haus.

Pergi ke Masjid Central Songkhla

13.29

Dari Toko Souvenir, kami menuju Masjid Central Songkhla yang berada di jalan sepi, seperti jalan tol. Masjid tersebut sangatlah indah, seperti Taj Mahal yang berada di India. Di depan Masjid tersebut terdapat kolam luas yang bersih. Meski di Thailand udaranya cukup panas, namun, udara disana sangatlah sejuk. Kami pun mampir untuk sholat. Setelah sholat, kami pun beristirahat sejenak sambil menonton Video di sekitar Masjid dengan volume yang kecil, tak lupa mengambil foto dengan latar belakang Masjid Central Songkhla yang sangat indah ini.

Pergi ke Hat Yai Municipal Park

Dari Masjid Central Songkhla ke Hat Yai Municipal Park menempuh perjalanan yang cukup jauh dan juga menanjak. Kami harus berpegangan ke besi Tuk - Tuk supaya tidak terjatuh, karena Tuk - Tuk cukup terbuka. Di sana kami belajar tentang budaya agama lain secara tidak langsung. Pemandangan disana sangatlah indah, kami disana melihat pemandangan bersama hingga matahari mulai tenggelam. Lalu kami pun pulang kembali menuju hotel.

Menuju Pulau Pinang, Malaysia (Sabtu, 3 Agustus 2019)

Pagi hari sekali kami sudah siap dengan membawa tas ransel di pundak kami. Kami menuju stasiun untuk naik kereta pada jam 07.21. Sebelum kereta datang, kami duduk di pinggiran kereta sambil memakan makanan yang diberi oleh Panitia dan Guru. Selesai makan, kami pun bergegas untuk naik kereta karena keretanya sudah mulai dekat. Setelah keretanya datang, kami pun bergegas satu per satu menaiki kereta sambil membawa tas ransel kami masing masing.

Makan di Penang Sentral

Kami menempuh perjalanan yang cukup jauh hingga sampai di Penang Sentral pukul 12.46. Sesampainya disana, kami pun makan untuk mengisi perut kami yang kosong. Kami pun berkeliling sebentar sambil mencari Musholla dan Seven Eleven untuk jajan.

Naik Kapal Ferry

Jam 14.15, kami mengantri untuk menaiki Kapal Ferry. Sebelumnya, mobil - mobil didahulukan untuk masuk sebelum kami, yang naik Kapal Ferry tanpa mobil. Di Kapal Ferry, terdapat banyak jajanan yang cukup untuk mengganjal lapar. Karena kami lapar, kami pun membeli beberapa jajanan hingga kami cukup kenyang. Kami pun sampai di Pulau Penang dan menuju hotel yang akan kami tempati malam ini.

Jalan - Jalan ke Bukit Bendera Pulau Penang, Malaysia

Sore harinya, kami pergi menuju Bukit Bendera. Sebelum masuk ke gerbang untuk menaiki kereta ke Bukit Bendera, kami diberi kartu masuk. Lalu, kami menaiki kereta ke Bukit Bendera. Uniknya, kereta tersebut berbentuk miring seperti tangga dan membawa kami ke Bukit Bendera dengan cepat tanpa harus menaiki tangga terlebih dahulu. Sesampainya di Bukit Bendera, kami disuguhi oleh pemandangan malam yang sangat indah. Kami bisa melihat lampu - lampu yang berkelip di bawah tempat penduduk tinggal. Kami mengambil beberapa foto disana. Dan untuk pulang, kami harus mengantri menaiki kereta tersebut. Semakin malam kami pulang, maka kami akan semakin malam sampainya karena antriannya sangatlah panjang. Sambil menunggu, kami memakan es krim dan memainkan ponsel kami masing - masing.

Pulang ke Hotel

Dari Bukit Bendera, kami mampir sebentar ke restoran untuk mengisi perut kami sebelum pulang ke hotel. Dan setelah kenyang, kami pun bergegas memesan Grab untuk kami pulang ke hotel.

Eksploring Malaysia (Minggu, 4 Agustus 2019)

Eksploring Penang Street

Jam 07.50, kami sudah siap untuk mencari sarapan pagi dengan berolahraga terlebih dahulu. Kami mencari - cari restoran untuk kami sarapan sambil jalan pagi menghirup udara yang segar. Namun, setelah mencari - cari, kami tidak berhasil menemukan restoran untuk kami sarapan. Kami pun kembali ke hotel sambil jalan pagi dengan perut kosong.

Sesampainya di hotel, makanan yang di pesan oleh Guru - Guru pun datang. Kami menghabiskan roti - roti tersebut dengan lahap sesudah berolahraga pagi. Setelah perut kami kenyang, kami kembali ke hotel dan membereskan barang - barang kami dan juga istirahat sebelum melakukan perjalanan selanjutnya.

Kami naik Kapal Ferry pada pukul 14.12 untuk menyebrangi lautan keluar dari Pulau Penang. Untuk menyebrangi lautan, tidak memerlukan waktu yang cukup lama, sekitar 15 menit saja kami sudah tiba di seberang.

Naik Bus ke Kuala Lumpur

Kami menaiki bus menuju Kuala Lumpur. Namun, perjalanan yang ditempuh tidaklah dekat, perjalanan yang ditempuh sangatlah jauh dan memakan waktu 6 jam. Kami sampai di Kuala Lumpur pada malam hari, sekitar jam 8-an. Namun, langit belum mulai gelap, dan mungkin jika di Indonesia masih dibilang sore, kami pun duduk sebentar sambil istirahat disana.

Sampai di Kuala Lumpur

Karena cukup lelah setelah seharian ini menempuh perjalanan yang cukup jauh. Kami bergegas memesan Grab menuju hotel yang akan kami tempati malam ini dan besok. Sesampainya di hotel, kami dibagi kelompok untuk menempati masing - masing kamar. Aku sekelompok dengan Agis, Nayla, Vondra dan teman - teman lainnya di lantai 13. Dan setelah sampai di kamar kami, aku segera menaruh tas yang sangat berat tersebut. Dan seketika rasa lelahku hilang karena lebih tertarik dengan pemandangan balkon hotel kami langsung menghadap Petronas Twin Tower. Di hotel tersebut, kami mencuci baju bersama - sama, jajan, makan mie, minum milo, membereskan baju, menjemur baju dan masih banyak lagi. Hingga kami pun mulai lelah, dan bergantian untuk bersih - bersih sebelum tidur. Dan kami tidur di kamar yang sudah dibagi. Aku dan Agis tidur di bawah, sedangkan Nayla dan Vondra tidur di kasur atas.

Eksploring Malaysia Part 2 (Senin, 5 Agustus 2019)

Kami pergi eksploring sesuai kelompok masing - masing pada jam 08.34 MST. Kami berjalan kaki menuju Dataran Merdeka. Dan mengambil beberapa foto disana, lalu kami menuju tujuan selanjutnya yaitu Masjid Jamek. Sayangnya, saat kami datang ke sana, sedang hujan deras sehingga kami harus mencari tempat berteduh sementara hingga hujan reda. Setelah hujan reda, kami melewatkan Masjid Jamek dan pergi menuju KL Gallery. Di sana, banyak sekali spot foto yang bagus dan menarik. Dan juga banyak barang yang bagus untuk oleh - oleh.

Dari KL Gallery kami melanjutkan perjalanan ke Pasar Seni menggunakan LRT. Di Pasar Seni, kami membeli banyak barang karena disana banyak sekali barang yang cocok untuk oleh - oleh. Kami membeli beberapa Popcorn disana, karena rasanya sangat enak juga banyak varian rasanya.

Setelah berbelanja di Pasar Seni, kami melanjutkan perjalanan ke Central Market dengan LRT. Di Central Market, kami pun membeli banyak barang untuk oleh - oleh. Dirasa sudah cukup yang dibeli, kami pun melanjutkan perjalanan kami ke tujuan selanjutnya.

Kami pun menaiki LRT untuk menuju tempat selanjutnya. Kami duduk di LRT sangatlah lama sampai - sampai cukup untuk tidur karena perjalanannya sangatlah jauh. Namun, sesampainya disana, tempat tersebut tutup sehingga dengan berberat hati kami harus kembali lagi untuk melanjutkan perjalanan kami.

Kami menaiki LRT menuju Kuala Lumpur. Kami akan ke Kuala Lumpur karena kami akan mengeksplor Petronas Twin Tower.

Eksploring Petronas Twin Tower

Sesampai di Petronas Twin Tower, kami berjanjian dengan kelompok lain untuk bertemu di MCD. Setelah sampai di MCD, kami segera membeli makanan untuk mengganjal perut kami yang cukup lapar. Setelah makan, kami berkeliling sebentar menjelajahi Petronas Twin Tower dan beberapa Mall - Mall untuk belanja.

Pulang ke Hotel

Karena sudah cukup malam, dan besok kami harus menempuh perjalanan yang cukup melelahkan, sehingga kami harus beristirahat yang cukup. Kami pun kembali ke hotel untuk istirahat. Kami pun bergegas pulang ke hotel menggunakan Grab. Sesampainya di hotel, kami pun seperti biasa bergantian untuk bersih - bersih, beres - beres dan sholat. Lalu kami tidur bersama di atas kasur.

Good Bye Malaysia (Senin, 6 Agustus 2019)

Sarapan di Rumah Makan

Pagi harinya, sebelum sampai di Rumah Makan untuk kami sarapan, kami harus naik LRT dulu untuk sampai di sana. Sesampainya disana, kami pun memesan makan dan duduk di meja yang telah disediakan di Rumah makan tersebut. Setelah kenyang, barulah kami kembali ke hotel, untuk membereskan barang - barang kami sebelum pulang ke Indonesia.

Menuju Bandar Udara Internasional Malaysia

Di Hotel, kami bergotong royong membereskan hotel, baju - baju, dan lain - lain. Setelah selesai, kami bergegas turun ke bawah sambil membawa semua tas - tas kami dan barang - barang kami. Di bawah, kami menunggu sebentar untuk dibagikan tiket Bus dan lain - lain. Lalu, kami bergegas menaiki Bus yang akan membawa kami menuju Bandara Malaysia.

Kegiatan di Bandara Malaysia

Jam 15.00 MST kami sampai di Bandara Malaysia untuk terbang pulang ke Indonesia. Setelah tiket pesawat kami selesai di print, kami pun menunggu di Bandara lagi hingga tiba saatnya untuk menaiki Pesawat. Disana, kami makan banyak makanan dan memesan banyak minuman, menonton bersama di karpet Bandara, hingga sebelum kami menaiki Pesawat, acara Asean Fellowship Camp Thailand dan Malaysia resmi ditutup. Sebelum terbang, kami diberi makanan dan minuman penutup.

Terbang Menuju Indonesia

Penantian panjang kami pun akhirnya tiba, kami naik pesawat sekitar jam 20.50. Kami mengantri untuk masuk ke Pesawat sebelum kami berpisah mengikuti tempat duduk masing - masing. Karena lelah, aku pun tertidur di Pesawat.

Mendarat di Bandara Soekarno Hatta (Selasa, 6 Agustus - Rabu, 7 Agustus 2019)

Jam 23.10 WIB kami sampai di Bandara Soekarno Hatta. Kami menjelajah makanan sebentar ke Indomaret yang ada di Bandara sambil menunggu mobil yang akan menjemput kami pulang. Kami menunggu hingga jam 00.00 WIB hingga akhirnya mobil yang akan membawa kami pulang ke sekolah datang. Kami pun segera masuk ke mobil kami disusul barang - barang dan tas - tas milik kami.

Tiba di SMP Ar Rafi Drajat

(Rabu, 7 Agustus 2019)

Kami akhirnya tiba di SMP Ar Rafi pada pukul 05.30 WIB. Setibanya di sana, sudah banyak orang tua yang sudah menunggu untuk menjemput putra - putri mereka. Sebelum pulang, kami mengambil oleh - oleh yang kami taruh dalam tas besar. Setelah semua oleh - oleh yang masing - masing kami beli sudah diambil semua, kami membereskan barang - barang kami, mengecek barang - barang kami. Dan pulang ke rumah masing - masing.