Prestasi SMP Ar Rafi' Drajat

  • PRAMUKA DI SMP AR RAFI’ DRAJAT (LAGI DISKON, Call 0878-5241-4312, SMP Islam SMP Ar Rafi' Drajat)

     PRAMUKA

    DI SMP AR RAFI’ DRAJAT

    By. Acitya Aluna (Kelas VIII Fatimah)


    Pramuka adalah singkatan dari praja muda karana. Pramuka adalah sebuah organisasi yang merupakan wadah proses pendidikan kepramukaan yang dilaksanakan di Indonesia. Kepramukaan adalah sistem pendidikan kepanduan yang disesuaikan dengan keadaan, kepentingan dan perkembangan masyarakat dan bangsa Indonesia. Dalam dunia internasional, Pramuka disebut dengan istilah “Kepanduan” (Boy Scout). Ekskul pramuka ini biasa diikuti dari sekolah tingkat SD - SMA.  Ekskul pramuka sendiri memiliki tujuan yaitu untuk meningkatkan nilai-nilai keterampilan seperti melatih kedisiplinan, latihan fisik, kerja sama dari setiap siswa siswi nya.


    SMP Ar Rafi’ Drajat adalah salah satu sekolah yang melaksanakan kegiatan ekstrakurikuler pramuka yang dilaksanakan pada setiap hari rabu. Kegiatan ekstrakurikuler  kepramukaan SMP Ar Rafi’ Drajat sesuai dengan 

    Syarat Kecakapan Umum (SKU), Aple, dan begitu pula materi yang disampaikan sesuai dengan Syarat Kecakapan Umum (SKU). 

    “Ekskul Pramuka di SMP Ar Rafi’ Drajat diadakan sekali dalam seminggu setiap hari Rabu” hal ini diungkapkan oleh Ibu Nur Dwi Laili kurniawati, M.Pd. selaku pembina pramuka di SMP Ar Rafi’ Drajat.  Bandung, Senin (26/09/22). 

    Materi yang disampaikan di ekstrakulikuler pramuka bukan hanya teori melainkan praktek seperti Menaksir Lebar, Menaksir Tinggi, Semaphore, MorsePeraturan Baris Berbaris dan banyak lainnya (PBB).

    “kegiatan yang terdapat pada pramuka di SMP Ar Rafi’ sesuai 

    mengikuti dengan apa yang ada di dalam SKU (syarat percakapan umum)”  ujur Ibu  Nur Dwi Laili kurniawati, M.Pd. selaku pembina pramuka di SMP Ar Rafi’ Drajat. (26/09/22). 


    Acara kepramukaan yang setiap tahunnya ada pada SMP Ar Rafi’ Drajat adalah Advice. Advice adalah singkatan dari Ar RAfi’ Drajat virtual camp, dimana siswa siswi SMP Ar Rafi’ Drajat diajarkan untuk bekerja sama sesama regu nya, mandiri, aktif, berprestasi, tanggung jawab dan beradaptasi. SMP Ar Rafi’ Drajat juga pernah mengikuti beberapa lomba pramuka dan tentunya mendapatkan kejuaraan, seperti Memenangkan juara 3 lomba menaksir tinggi dan sandi se Kota Bandung dan memenangkan lomba juara purwa 1 se Jawa Barat.



    Kegiatan pramuka di  SMP Ar Rafi’ Drajat dapat terus berjalan sesuai dengan harapan dan dapat mencetak siswa siswi Ar Rafi’ Drajat yang memiliki kepribadian yang tangguh, tanggung jawab, mandiri, aktif dan memiliki jiwa kepemimpinan yang tinggi.***


     


     








  • 0 comments:

    Posting Komentar