Prestasi

Pencapaian prestasi pesserta didik SMP Ar Rafi' Drajat.

  • HARI GURU NASIONAL 2020

     HARI GURU NASIONAL 2020



    Hari Guru Nasional pada tahun ini yang dirayakan setiap tanggal 25 November 2020, perlu kita maknai secara khusus. Dimana peran guru adalah sangat mulia. Para guru tidak hanya memastikan kelangsungan pembelajaran tapi juga berperan lebih dalam mendukung kesehatan mental dan kesejahteraan murid. Demi menghasilkan inovasi belajar mengajar yang memudahkan. Kepemimpinan para guru pada masa sulit ini, merupakan kesanggupan para guru tetap menyiapkan masa depan bagi murid-muridnya untuk senantiasa menjadikan siswa sebagai pelajar yang tetap menjaga kesehatan mental dan kesejahteraan dalam menuntut ilmu.

    Guru bukan hanya sebuah pekerjaan yang dimaknai dengan tugas untuk mendidik anak-anak bangsa pada pendidikan formal saja. Guru adalah panggilan jiwa untuk membantu menyalakan pelita pengetahuan dan kebajikan di dalam diri setiap anak bangsa. Sebagai sebuah profesi yang menciptakan masa depan melalui karakter dan keterampilan generasi penerus bangsa, peran guru sangat strategis di dalam pembangunan nasional. Guru profesional adalah guru yang ketika mengajar menyertakan hati. 

    Karena pada dasarnya ilmu yang dimiliki oleh guru bersumber dari Sang Pemilik Ilmu yakni Allah SWT. Oleh karena itu, menjadi guru bukan hanya mengajar tapi mengayomi dengan hati untuk terus belajar. Sebagai seorang teladan, seorang guru terus menerus belajar. Melalui karya-karya nyatanya seorang guru akan dimuliakan. Masyarakat Indonesia terus mendorong peran guru menjadi aktor strategis pendidikan nasional. Beragam penguatan kapasitas dan kompetensi dilakukan untuk menghadirkan guru yang mampu membimbing anak-anak bangsa menjadi generasi yang mampu bersaing di abad 21. Ki Hajar Dewantara pernah menyampaikan, “Di depan, seorang pendidik harus memberi teladan. Di tengah, guru harus menciptakan prakarsa dan ide. Di belakang, seorang guru harus memberikan dorongan dan arahan.”  Salah satu ayat yang menerangkan tentang keutamaan menjadi seorang guru.

    Artinya: "Hai orang-orang beriman, apabila dikatakan kepadamu, 'Berlapang-lapanglah dalam majlis', maka lapangkanlah, niscaya Allah akan memberi kelapangan untukmu. Dan apabila dikatakan, 'Berdirilah kamu', maka berdirilah, niscaya Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antara kamu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. Dan Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan." (QS. Al-Mujadilah: 11).

    Derajat, yang dimaksud dalam ayat di atas menurut Ibnu Abbas aalah bahwa orang-orang yang berilmu memiliki kedudukan tujuh ratus derajat di atas orang-orang mukmin.

    Keutamaan di dalam surah lainnya adalah seperti yang tercantum dalam QS. Al-Qashash ayat 80 yang artinya, "Berkatalah orang-orang yang dikaruniai ilmu, 'Kecelakaan yang besarlah bagimu, pahala Allah adalah lebih baik bagi orang-orang yang beriman dan beramal saleh, dan tidak diperoleh pahala itu kecuali oleh orang-orang yang sabar."

    Ayat di atas menunjukkan bahwa sebagai guru tentu memiliki sifat penyabar dimana mereka akan mendapat pahala yang besar dari Allah SWT. Terimakasih kepada seluruh guru di Indonesia atas dedikasi dan pengabdian untuk memajukan generasi penerus bangsa. Jadilah Guru Pembelajar dan Guru Ibadah. ***RM

     

    Sekolah Ar Rafi’ Drajat telah membuka pendaftaran PPDB Gelombang 2 untuk tahun ajaran baru 2020-2021 sejak bulan September lalu. Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi www.arrafidrajat.sch.id atau ikutimedia sosial FB, IG @smparrafidrajat.


  • 0 comments:

    Posting Komentar

    Guru dan Staff