Hari Bangunan Indonesia : Menata Pendidikan Islam di Indonesia


Hari Bangunan Indonesia : Menata Pendidikan Islam 

di Indonesia



Penetapan Hari Bangunan Indonesia yang dirayakan setiap tanggal 11 November 2020, dijadikan momentum untuk mengedukasi masyarakat agar terus memelihara dan melestarikan bangunan-bangunan bersejarah di Indonesia.

Pemilihan tanggal 11 November sebagai Hari Bangunan Indonesia karena 11 November dapat dipahami sebagai simbol bangunan yang kokoh dimana terdiri dari 4 angka satu (11-11), dimana bangunan yang kokoh setidaknya berdiri diatas 4 pilar yang kokoh. Pemilihan tanggal yang bagus ya! Selain itu juga,  Hari Bangunan Indonesia ini adalah milik seluruh pelaku konstruksi. Termasuk di dalamnya tukang bangunan, industri dan penyalur bahan bangunan, arsitek, konsultan, kontraktor, pengembang, peneliti ataupun akademisi pada khususnya dan milik seluruh masyarakat Indonesia pada umumnya.


Berbicara mengenai pembangunan berarti disinggung beberapa sektor, termasuk sektor pendidikan. Dalam hal ini, pembangunan yang kokoh dan nyaman sangatlah dibutuhkan oleh sektor pendidikan juga yang bertujuan untuk membangun sikap, akhlak, mental dan jiwa kepemimpinan Khalifah yang ‘Abdullah karena hakikat manusia diciptakan di muka bumi ini hanyalah untuk beribadah kepada-Nya.

وَمَا خَلَقْتُ الْجِنَّ وَالْإِنْسَ إِلَّا لِيَعْبُدُونِ

Dan aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka mengabdi kepada-Ku. (Q.S. Adz-Dzaariyaat: 56)

Oleh karena itu, Hari Bangunan Indonesia di SMP Ar Rafi’ Drajat memiliki konsep untuk menata pendidikan Islam di Indonesia yaitu membangun sosok ulil albab yaitu dengan memberdayakan manusia menjadi muslim yang kaaffah, sebagai pemikir (peneliti), membangun manusia yang berpribadi integral (integrated personality) yang satu kesatuan antara nilai dan sikap, ucapan dan perbuatan. Selain daripada itu, pada era globalisasi saat ini, sosok calon pemimpin yang dibutuhkan adalah mereka yang merupakan masyarakat ilmiah dan masyarakat pembelajar. Oleh karena itu, visi SMP Ar Rafi’ Drajat adalah menyelenggarakan pendidikan yang dapat memberdayakan calon-calon pemimpin di muka bumi ini yang beraqidah kuat, amanah, fathonah, siddiq, tabligh dan istiqomah namun tetap sebagai sosok manusia beriman yang berakhlak mulia. Hal ini sejalan dengan pondasi bangunan Islam yaitu rukun iman, penopangnya adalah rukun Islam dan atapnya adalah ihsan.***RM

Sekolah Ar Rafi’ Drajat Telah Membuka Pendaftaran PPDB Gelombang 2 Untuk Tahun Ajaran Baru 2020-2021 Sejak Bulan September Lalu. Untuk Informasi Lebih Lanjut, Kunjungi Www.Arrafidrajat.Sch.Id Atau Ikutimedia Sosial FB, IG @Smparrafidrajat.

 


 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar