Chromebook, Zona Digital Supel di Sekolah



Perkembangan teknologi informasi di zaman milenial ini berjalan sangat cepat. Baik individu, institusi, maupun pemerintah ikut melakukan berbagai upaya untuk memanfaatkan perkembangan teknologi informasi. Hal ini, menjadi sangat penting bagi dunia pendidikan di Indonesia agar mampu memanfaatkan teknologi dalam proses belajar mengajar di kelas. Sabda Rasulullah SAW: "Ajarilah anak-anakmu sesuai dengan zamannya, karena mereka hidup di zaman mereka bukan pada zamanmu. Sesungguhnya mereka diciptakan untuk zamannya, sedangkan kalian diciptakan untuk zaman kalian". Artinya, ilmu itu bersifat dinamis dan tidak tetap, keberadaannya menyesuaikan dengan kondisi sekarang dan kehidupan masa depan. Oleh karena itu, sistem pendidikan mulai banyak beralih ke dunia digital misalnya penerapan classroom sebagai media pembelajaran. Sehingga para guru dapat menyesuaikan diri dengan perkembangan zaman milenial.






Media inilah yang diterapkan di SMP Ar Rafi’ Drajat di Kota Bandung dengan menggunakan metode OIM
Learning (Observe, Imitate and Modify). Metode ini merupakan gabungan antara proses mengajar
tradisional dan konsep belajar digital dengan memanfaatkan fitur-fitur yang terdapat di Web Store dalam
Chromebook. Jadi, setiap siswa yang terdaftar di sekolah ini akan mendapatkan satu perangkat Acer
Chromebook 11 CB3-131 dan dilengkapi berbagai aplikasi dari Google seperti Classroom, Canva, Sites,
Slide, Calender, Google Drive, Google Search, YouTobe, Hangout dan masih banyak lagi.
Dengan aplikasi yang tersedia para siswa mudah mengakses materi pembelajaran, mengaudit dalam satu
file bersamaan, terjalinnya kalaborasi menyenangkan antara guru dan siswa dan membuat classroom
menjadi personal dan menarik. Sebagian perangkat ini, bisa digunakan secara offline di Chromebook
sehingga siswa dapat mengerjakan tugas terstruktur maupun tidak struktur. Tentunya konten digital yang
disediakan disesuaikan dengan tingkat siswa serta materi pembelajaran yang ada.

Bagi para guru, Chromebook bisa menjadi solusi supel yang sangat mudah dalam memberikan tugas melalui classroom menggunakan aplikasi google doc atau google slide. Selain itu, membantu guru menyusun tugas-tugas dalam folder driver secara sistematis, sehingga siswa dapat melihat tanggal dan batas waktu pengumpulan. Sehingga dapat dipantau dan direkam tugas yang diserahkan untuk laporan di setiap akhir semester. Kelebihan lainnya, guru dapat membuat pengumuman dan mulai diskusi serta menjawab secara real-time kepada siswa.***Riyadul Maisah, S.Pd


Tidak ada komentar:

Posting Komentar