Prestasi SMP Ar Rafi' Drajat

  • Tips Selalu Istiqomah (LAGI DISKON, Call 0878-5241-4312, SMP Islam SMP Ar Rafi' Drajat)

     Istiqomah




    Assalamualaikum Arrafian ... ^_^


    Kita pasti sudah sering dengar saat menyangkut urusan ibadah, atau pada seseorang yang ingin berubah menjadi pribadi yang lebih baik. Istiqomah sendiri secara bahasa artinya adalah lurus.


    Istiqomah sering disebutkan agar kita bisa tetap berada di jalan yang benar secara konsisten. Sayangnya, melakukan sesuatu sesuai perintah agama secara istiqomah bukanlah hal yang mudah. Banyak faktor yang dapat membuat diri kita goyah dan akhirnya berbelok dari jalan yang lurus tadi. Tapi, inilah tantangan bagi kita yang memang harus dihadapi ketika kita ingin berubah menjadi lebih baik.


    Untuk tetap istiqomah diperlukan niat dan kemauan yang kuat,

    Berikut ini adalah tips dari kami agar tetap istiqomah berada di jalan yang lurus.



    • Tips yang pertama adalah dengan memahami dan mengamalkan dua kalimat syahadat dengan baik dan benar. Dengan memahami dan mengamalkan dua kalimat syahadat tersebut, Allah SWT akan meneguhkan iman seseorang di dunia dengan terus beramal sholeh, serta dimudahkan di akhirat ketika menjawab pertanyaan malaikat.


    “Allah meneguhkan (iman) orang-orang yang beriman dengan ucapan yang teguh itu dalam kehidupan di dunia dan di akhirat; dan Allah menyesatkan orang-orang yang lalim dan memperbuat apa yang Dia kehendaki.” (Q.S. Ibrahim: 27).

    • Tips tetap istiqomah kedua adalah dengan membaca atau mengkaji Al-Qur’an dengan menghayatinya dan merenunginya. Al-Qur’an adalah petunjuk bagi setiap umat muslim ketika hatinya dilanda keraguan. Itulah mengapa Al-Qur’an diturunkan berangsur angsur untuk meneguhkan hati Rasulullah SAW sebagaimana yang ada pada ayat berikut

    “Berkatalah orang-orang yang kafir: “Mengapa Al-Qur’an itu tidak diturunkan kepadanya sekali turun saja?”; demikianlah supaya Kami perkuat hatimu dengannya dan Kami membacakannya secara tartil (teratur dan benar).” (QS. Al-Furqon: 32)

    Tips tetap istiqomah yang ketiga adalah dengan iltizam, atau berkomitmen dengan menjalankan perintah Allah SWT. Seseorang dituntun untuk konsekuen dalam mengerjakan setiap amalan. ini karena Allah SWT mencintai seseorang yang mengerjakan amalan dengan konsekuen.

    An Nawawi Rahimahullah Berkata, ”Ketahuilah bahwa amalan yang sedikit namun konsekuen dilakukan, itu lebih baik dari amalan yang banyak namun cuma sesekali saja dilakukan. Ingatlah bahwa amalan sedikit yang rutin dilakukan akan melanggengkan amalan ketaatan, dzikir, pendekatan diri pada Allah, niat dan keikhlasan dalam beramal, juga akan membuat amalan tersebut diterima oleh Sang Kholiq Subhanahu wa Ta’ala. Amalan sedikit namun konsekuen dilakukan akan memberikan ganjaran yang besar dan berlipat dibandingkan dengan amalan yang sedikit namun sesekali saja dilakukan.”

    Sekian tips dari kami untuk tetap istiqomah berada dijalan Allah SWT.  Semoga kalian yang sedang berusaha mengubah diri menjadi lebih baik lagi, bisa berhasil dan dapat menjauhi perbuatan-perbuatan maksiat. Terima kasih sudah membaca tips dari kami Wassalamualaikum wr.wb (Karya Pengurus OSIS Departemen INPUB)


  • 0 comments:

    Posting Komentar