Mengapa Harus Masuk SMP Islam Khususnya di Kota Bandung?



Apa alasan dari sekolah Islam penuh waktu?

Lembaga memainkan peran penting dalam kehidupan individu dan masyarakat. Sekolah Islam penting karena menyediakan anak-anak Muslim dengan lingkungan di mana mereka dapat belajar dan hidup secara Islami.

Homogenitas budaya dan nilai-nilai mereka menciptakan stabilitas sosial dan emosional yang memfasilitasi dan mempercepat pembelajaran mereka di bidang pendidikan umum (matematika, sains, seni bahasa, dll).

Mereka mengembangkan rasa memiliki yang kuat terhadap Umat Muslim. Mereka tidak hanya melestarikan warisan Islam yang kaya, tetapi berkontribusi terhadap pengembangan dan kemajuan umat Islam secara umum.

Jika Anda mengisolasi anak-anak dari masyarakat Indonesia yang lebih besar, apakah mereka tidak akan tumbuh dalam cangkang dan menjadi tidak dapat berinteraksi dengan publik Indonesia dalam kehidupan praktis mereka?

Tidak sama sekali. Pertama-tama, penelitian menunjukkan bahwa anak-anak, khususnya yang lebih muda, tampil lebih baik ketika mereka berada di lingkungan sosial yang akrab. Sekolah Islam tentu memberi anak-anak Muslim suatu suasana di mana mereka bisa tumbuh dan berkembang.

Kedua, pikiran dan kepribadian manusia sangat mampu menyesuaikan diri dengan perubahan. Ini menjelaskan keberhasilan berbagai komunitas suku bangsa di seluruh Indonesia khususnya di kota Bandung. Anggota komunitas ini lahir dan dibesarkan dalam budaya dan lingkungan yang sangat berbeda.

Penelitian menunjukkan bahwa siswa yang sekolah di swasta berkinerja lebih baik dalam kehidupan mereka daripada siswa yang di sekolah umum.

Bukankah anak-anak kita menderita kehilangan pendidikan dengan menghadiri sekolah Islam?
Kehilangan atau keuntungan pendidikan tidak ada hubungannya dengan sekolah yang Islami, Kristen atau publik.

Kita semua tahu bahwa banyak sekolah umum, terlepas dari sumber daya mereka yang sangat besar dan pengaturan birokrasi yang besar, gagal total dalam memberikan pendidikan yang solid, disiplin yang kuat, atau kewarganegaraan yang baik.

Kualitas pendidikan tergantung pada lembaga individu dan komitmennya terhadap keunggulan.

Orang yang mendirikan sekolah Islam harus memastikan bahwa :
-  Program akademik mereka lebih baik atau setidaknya setara dengan sekolah umum yang baik di lingkungan mereka.
-     Staf mereka terlatih secara profesional dan berkualifikasi baik.

Jika kedua kondisi ini dipenuhi, saya yakin bahwa kinerja sekolah Islam dapat tidak kurang dari sekolah yang baik karena semua elemen lain dari sekolah yang baik secara otomatis hadir dalam pengaturan Islam.

Polling Gallop mendefinisikan sekolah yang bagus dengan ketentuan berikut :
-    Para guru tertarik dengan pekerjaan mereka dan siswa mereka.
-    Guru membuat kelas menjadi menarik.
-    Ada variasi dalam kurikulum.
-    Ada disiplin yang baik.
-    Ada respek untuk otoritas.
-    Ada hubungan siswa / guru yang baik.
-    Ada hubungan antar murid yang baik.
-    Ada peralatan bagus.
-    Ada kelas-kelas kecil.
-    Ada administrasi yang baik.

Kita dapat melihat bahwa dengan pengecualian nomor delapan (peralatan yang baik) yang dapat bervariasi dari sekolah ke sekolah, semua elemen dari sekolah yang baik sepenuhnya hadir di sekolah Islam.

Kami membayar pajak sangat tinggi yang mendukung pendidikan publik, bagaimana kami dapat membayar uang sekolah dan mendukung sekolah-sekolah Islam?

Di mana ada kemauan pasti ada jalan. Kesulitan praktis dapat diatasi jika orang benar-benar yakin dan berkomitmen terhadap penyebabnya. Seseorang yang bertekad untuk membesarkan anak-anaknya secara Islami dan ingin melihat mereka berhasil dalam hidup tidak akan ragu untuk berkorban demi mencapai tujuan ini.

Penghargaan untuk mengirim anak-anak ke sekolah-sekolah Islam lebih besar daripada biaya yang mungkin ditanggung oleh orang tua.


Penulis : Okeu Fajar Siddiq., ST


www.smparrafidrajat.sch.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar